Comscore Tracker

Pengin Buka Kedai Kopi, Perhatikan Dulu 4 Tip ini 

Persaingan makin ketat Sob!

Jakarta, IDN Times - Kamu punya keinginan terjun ke bisnis kedai kopi? Kalau kamu melihat potensi untuk memulai ke bisnis ini, jangan ragu untuk memulainya. Namun perhatikan dulu 4 hal ini. Check it out!

1. Siapkan konsep yang menarik

Pengin Buka Kedai Kopi, Perhatikan Dulu 4 Tip ini unsplash.com/@nolanisaac

Konsep bisnis adalah hal nomor satu yang harus dipikirkan. Sebuah konsep dalam hal bisnis akan berpengaruh langsung kepada target konsumen dan persaingan bisnis yang akan dihadapi.

Konsep untuk bisnis kedai kopi juga akan mengarahkan tipe produk kopi seperti apa yang akan kamu tawarkan. Misalnya, apabila kamu menawarkan konsep santai dan minimalis, maka tipe-tipe minuman kopi ringan namun bervariasi cocok untuk bisnis kamu.

Konsep juga berperan penting untuk menarik konsumen. Selain konsep produk, kamu juga harus memikirkan pengemasan, penyajian sampai ke dekorasi kedai kopi.

Untuk mempermudah kamu menentukan konsep, mulai dengan segera survei konsep seperti apa yang menarik perhatian konsumen. Perhatikan juga konsep-konsep kedai kopi yang sedang hype sebagai bahan pertimbangan.

Baca Juga: Mau Bisnis Kopi, Pelajari Dulu Hal ini ya Guys!

2. Cari lokasi strategis

Pengin Buka Kedai Kopi, Perhatikan Dulu 4 Tip ini unsplash.com/Helena Lopes

Pemilihan lokasi di dalam hal bisnis sangat berperan penting. Pemilihan lokasi harus disesuaikan dengan siapa target konsumen bisnis kedai kopi kamu. Kedai kopi dengan lokasi strategis bisa banget dipilih apabila target konsumen kamu adalah mahasiswa dan pekerja kantoran.

Mahasiswa dan pekerja kantor adalah konsumen yang sangat akrab dengan kedai kopi. Contohnya, apabila target konsumen kamu adalah para mahasiswa, maka lokasi dekat kampus sangatlah cocok! Untuk pekerja kantoran, pilihlah lokasi dekat perkantoran.

3. Cari supplier kopi terbaik

Pengin Buka Kedai Kopi, Perhatikan Dulu 4 Tip ini unsplash.com

Saat ini, lidah masyarakat sudah sangat akrab dengan rasa dari produk kopi. Dengan demikian, kamu harus benar-benar selektif dalam memilih supplier kopi terbaik. Selain itu, carilah jenis kopi yang sesuai dengan konsep kedai kopi yang kamu tawarkan.

Kamu juga harus mempertimbangkan biaya dari ongkos kirimnya. Hal ini untuk menghindari pengaruh beban ongkos kirim mahal terhadap harga jual dari produk kopi kamu.

4. Pilih strategi promosi yang tepat

Pengin Buka Kedai Kopi, Perhatikan Dulu 4 Tip ini pixabay/StockSnap

Apabila kedai kopi sudah siap untuk beroperasi, jangan lupa buat strategi promosi yang tepat! Media sosial saat ini dapat dijadikan sebagai tempat promosi yang efektif serta murah.

Melalui media sosial, kamu dapat memasarkan kedai kopi. Misalnya, anda bisa tarik perhatian konsumen dengan jepretan suasana kedai kopi. Suguhkan sudut-sudut menarik kedai kopi atau visualisasi produk kopi kamu kepada konsumen.

Kamu dapat meminta bantuan keluarga dan teman untuk ikut serta mempromosikan media sosial kedai kopi. Untuk pemula, kamu harus pintar menggunakan jaringan sebaik mungkin.

Sudah catat empat strategi tadi? Yuk, sekarang mulai kerjakan dari langkah pertama. Sekeren apapun konsepmu, gak akan berguna tanpa keberanian untuk memulai. Jadi jangan ragu-ragu ya.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Kekinian dengan Peluang Besar, Berani Coba?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You