Comscore Tracker

Cek 3 Bagian Ini Jika Motor Tiba-tiba Terasa Oleng!

Hindari jalan berlubang supaya bagian-bagian ini lebih awet

Kenyamanan dan keamanan adalah hal utama ketika mengendarai motor. Agar kondisi motor prima dan nyaman dikendarai, kita tentu perlu merawatnya secara berkala dan memerhatikan komponen-komponennya.

Nah, motor yang tiba-tiba terasa oleng tentu membuatnya tak nyaman dikendarai. Kira-kira, apa penyebabnya?

1. Laher/bearing roda

Cek 3 Bagian Ini Jika Motor Tiba-tiba Terasa Oleng!eabs.co.uk

Laher roda ini terletak di tengah, berfungsi sebagai salah satu bagian pada poros roda yang membuat roda dapat tetap berputar. Namun komponen ini pula yang paling sering menjadi penyebab motor oleng.

Laher biasanya rusak karena motor sering menghajar lubang yang cukup dalam, sehingga laher yang juga berfungsi sebagai penumpu akhirnya retak.

Cara untuk mengetahui laher rusak atau tidak adalah dengan menyangga motor dengan standar ganda, kemudian mencoba menggoyangkan roda motor. Apabila roda masih bisa digoyang-goyangkan meski baut sudah kencang, ada indikasi bahwa laher atau bearing roda pada motor sudah rusak dan perlu diganti.

Baca Juga: 5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!

2. Pelek peyang

Cek 3 Bagian Ini Jika Motor Tiba-tiba Terasa Oleng!vtr1000.org

Akibat intensitas penggunaan motor, pelek pun bisa rusak lho guys, misalkan seperti sedikit bengkok atau peyang atau bahkan retak. Kalau retak, sudah pasti terlihat jelas, tapi kalau cuma bengkok biasanya agak susah diketahui.

Cara untuk mengetahuinya cukup dengan menyangga motor dengan standar ganda, kemudian putar rodanya dan perhatikan bagaimana cara berputar. Apabila ada perputaran tidak rapi (biasa dikenal dengan ban ular), bisa dipastikan pelek bermasalah.

Kalau sudah tahu ada masalah, sebaiknya langsung diperbaiki di bengkel khusus pelek, harganya pun cukup terjangkau kok, sobat. Tapi kalau mau lebih aman lagi, ya beli pelek baru meski harganya lebih mahal.

3. Perhatikan kondisi ban

Cek 3 Bagian Ini Jika Motor Tiba-tiba Terasa Oleng!unsplash.com/Harley-Davidson

Nah, yang ini adalah komponen paling krusial yang harus selalu diperhatikan guys, sebab ban bersentuhan langsung dengan aspal dan tanpanya motor tak akan bisa berjalan meski komponen lainnya sehat.

Motor oleng bisa disebabkan karena kondisi ban yang tak lagi prima. Beberapa di antaranya seperti adanya keretakan akibat sering terpapar panas atau air saat hujan, ulir sudah aus, kurang angin, atau benjol akibat sering menghantam permukaan yang tidak rata saat tekanan angin terlalu penuh.

Baca Juga: 5 Tanda Sepeda Motormu Sudah Harus Ganti Oli, Jangan Sampai Telat!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya