Comscore Tracker

5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!

Komponen ini bikin motor mogok jika kena air

Jakarta, IDN Times – Ketika musim hujan, motor memang disarankan untuk lebih sering dicuci, setidaknya dua kali sepekan. Hal ini berguna agar kotoran yang menempel gak mengerak dan menimbulkan karat. Selain itu, motormu juga jadi lebih terawat.

Namun, bagaimana jika motor malah susah dihidupkan setelah dicuci? Kalau hal ini terjadi padamu, coba cek dulu 5 bagian ini!

1. Air masuk karburator

5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!IDN Times/Dwi Agustiar

Kalau motormu masih menggunakan sistem pembakaran dengan karburator, besar kemungkinan air cucian tersebut masuk ke karburator. Oya, karburator berfungsi mengabutkan atau mengolah bahan bakar dengan udara sebelum disemburkan ke dalam ruang pembakaran. Jika sampai kemasukan air, otomatis motor tidak bisa menyala karena kinerja pembakaran terganggu.

2. Perhatikan throttle body

5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Ada baiknya kamu memperhatikan komponen seperti throttle body karena komponen ini cukup rentan rusak bila terkena air secara terus menerus.

Throttle body biasanya terletak di bagian depan dekat mesin, jadi kalau mencuci pada bagian mesin harus ekstra hati-hati. Kalau bisa semprot secara perlahan dan tekanan air jangan terlalu tinggi serta disemprot dari atas ke bawah, bukan sebaliknya.

Baca Juga: 5 Tanda Sepeda Motormu Sudah Harus Ganti Oli, Jangan Sampai Telat!

3. Meski tertutup, soket rawan rembes

5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Soket listrik biasanya terletak di bawah jok motor atau ada di dekat setang depan dan dilapisi selang karet. Soket ini berkaitan dengan sistem kelistrikan. Karena itu harus tetap hati-hati saat mencuci karena ada kemungkinan air bisa merembes dan menciprat melalui celah jok yang nantinya dapat menyebabkan korsleting pada soket.

Kalau kelistrikan sudah terciprat oleh air, apalagi dalam intensitas yang cukup sering seiring berjalannya waktu motor tidak bisa menyala.

4. Posisi ECU perlu menjadi perhatian

5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Pada motor injeksi, terdapat salah satu komponen penting yang mampu membuat motor menyala yakni ECU.

Letak ECU sangat variatif tergantung produsennya, tapi sering kali terletak pada bagian belakang atas dan dekat fender. So jangan menyiram terlalu banyak air ke bagian ini agar ECU tidak terpapar air.

5. Busi motor terpapar air

5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Sistem pengapian seperti busi ini adalah komponen yang mampu memicu api agar masuk ke ruang pembakaran yang dapat membuat motor dapat menyala. Busi juga merupakan salah satu komponen yang paling rentan untuk terkena dan dimasuki air karena posisinya yang berada di luar dekat mesin.

Agar busi tak kemasukan air, cek kop busi dan segera ganti apabila kop yang lama sudah mulai rusak, sehingga busi lebih tertutup dan terlindung.

Nah, setelah memastikan bagian-bagian di atas aman, mudah-mudahan motormu gak mogok lagi setelah dicuci, ya.

Baca Juga: Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim Hujan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya