Comscore Tracker

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih Aman

Jangan cuma asal pilih

Memasuki musim penghujan, sudahkah kamu mengecek kondisi jas hujanmu? Benda ini sangat penting untuk membantumu menembus hujan saat mengendarai sepeda motor.

Di pasaran, kamu akan menemukan berbagai bahan dan bentuk. Sayangnya, orang sering kali membelinya secara sembarangan tanpa memperhatikan segi keselamatan. 

Agar kamu gak salah pilih, berikut ini beberapa tips memilih jas hujan agar kamu tetap bisa berkendara dengan aman meski tengah diguyur hujan.

1. Pastikan jahitan jas hujan rapat dan rapi

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih Amanalexnld.com

Jahitan pada jas hujan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jahitan yang rapat dan rapi akan mencegah air masuk ke dalam. Kalau jahitannya kurang bagus, jas hujan gak akan banyak berguna.

2. Pilih ukuran jas hujan yang lebih besar satu tingkat dari jaketmu

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih AmanIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Kamu juga sebaiknya memilih jas hujan yang satu ukuran lebih besar dari jaketmu sehari-hari. Dengna begitu, kamu akan lebih leluasa mengenakan jas hujan meski sedang memakai jaket atau membawa tas punggung.

3. Pilih jas hujan bukan terusan, yakni yang memiliki atasan dan bawahan

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih Amancanadamotoguide.com

Jika tidak sedang terdesak, sebaiknya jangan memilih jas hujan terusan. Kamu bisa memilih jas hujan yang terpisah antara atasan dan bawahannya. Penggunaan jas hujan yang terdiri dari atasan dan bawahan akan membuat perjalanan terasa nyaman meski sedang berada dalam hujan lebat.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Ketika Musim Penghujan

4. Hindari jas hujan model ponco

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih Amanmyrepublica.nagariknetwork.com

Jas hujan jenis ponco atau kelelawar memang praktis dipakai. Namun, sebenarnya ini kurang aman dan nyaman jika digunakan untuk mengendarai motor. Bagian sisinya yang lebar bisa tersangkut di rantai atau roda kendaraan dan membahayakan penggunanya.

5. Jas hujan berwarna terang lebih baik daripada yang gelap

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih Amandolfing.org

Bukan sekadar gaya-gayaan, kamu bisa juga memilih jas hujan yang memiliki warna terang. Terutama ketika mendung atau malam hari saat hujan besar, jas hujan berwarna terang akan membantu pengendara lain menyadari keberadaanmu saat berkendara. Risiko terjadinya kecelakaan yang tak diharapkan ketika suasana gelap atau hujan deras pun sudah pasti akan terhindarkan.

6. Pilih juga jas hujan dengan reflektor

6 Tips Memilih Jas Hujan Agar Berkendara Motor Lebih Amanautowise.com

Agar semakin aman, usahakan jas hujanmu memiliki reflektor untuk memantulkan cahaya, khususnya saat berkendara saat kondisi gelap. Dengan begitu, pengendara lain tetap bisa mengetahui keberadaanmu dari jarak jauh.

Jas hujan memang tak digunakan setiap hari. Tapi demi keselamatan, tak ada salahnya memilih jas hujan yang paling aman dan nyaman, kan?

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman Berkendara

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Iip Afifullah di IDN Times Community dengan judul 6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyaman

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya