Comscore Tracker

5 Penyebab Motor Matic Terasa Goyang, Cek Komponen Ini!

Bisa membahayakan pengendara, terlebih di musim hujan

Sepeda motor harus dicek dan diservis secara rutin agar performanya tetap baik saat dikendarai, terlebih di musim hujan. Jangan sampai motor bermasalah karena dapat membahayakan pengemudi.

Nah, jika motor matic-mu terasa tidak stabil ketika dikendarai, berarti ada masalah pada beberapa komponennya. Ini dia beberapa penyebab motor matic terasa goyang, coba cek dulu komponennya berikut ini!

1. Laher komstir yang sudah aus

5 Penyebab Motor Matic Terasa Goyang, Cek Komponen Ini!Instagram.com/fatihmotor_official

Seriring pemakaian, komstir akan mengalami aus. Hal ini mengakibatkan motor matic jadi kurang stabil dan setang sulit dikendalikan pas dibawa riding.

Bearing cepat aus bisa juga karena pemasangan yang terlalu kencang dan gemuk yang ada di dalam komstir sudah mulai mengering.

2. Bearing as roda belakang

5 Penyebab Motor Matic Terasa Goyang, Cek Komponen Ini!Instagram.com/ijm.idn

Bearing yang satu ini letaknya berada di dalam gardan. Meski jarang sekali mengalami kerusakan. Namun saat bearing yang ini rusak, bisa dipastikan motor bakal geol-geol sepanjang perjalanan. Part yang satu ini akan sering rusak karena bikers lupa untuk mengganti oli gardan secara rutin, ya, maksimal setengah tahun sekali haru ganti.

Baca Juga: Praktis, 5 Kekurangan Motor Matic Ini Kerap Luput dari Perhatian

3. Bearing roda depan

5 Penyebab Motor Matic Terasa Goyang, Cek Komponen Ini!Instagram.com/motoringid

Sekedar informasi bagi bikers, bearing akan mudah untuk mengalami karat di musim hujan begini. Penyebabnya karena kerap melewati genangan air dan kehujanan tapi setelahnya gak langsung dicuci. Lambat laun, gemuk bearing roda akan mengering sehingga bearing rawan jebol.

4. Velg peang

5 Penyebab Motor Matic Terasa Goyang, Cek Komponen Ini!Instagram.com/risky_motor

Kemudian velg yang peang pun bakal mengakibatkan hal yang serupa. Biasanya, velg bisa seperti ini sehabis mengajar lubang di jalan yang gak kelihatan oleh genangan air pas musim hujan begini. Untuk itu, saat menemui jalan yang jelek kayak jalanan offroad dan banyak genangan air lebih baik untuk lebih pelan menarik grip gas meski terburu-buru sekalipun.

5. Karet engine mounting yang getas

5 Penyebab Motor Matic Terasa Goyang, Cek Komponen Ini!Instagram.com/padasukaper

Motor matic gak stabil ketika dipakai bisa juga terjadi karena part ini. Fungsinya yang menyangga mesin ke sasis bakal vital sekali jika sampai mengalami kerusakan. Biasanya karena faktor usia, karet engine mounting bakal getas dan pecah.

Nah, jika motor matic milikmu terasa goyang, maka kemungkinan komponen-komponen di atas sudah aus dan mesti diganti. Jangan menunda untuk mendatangi bengkel langgananmu, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik Bekas

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Inibudi nya di IDN Times Community dengan judul Motor Matic Terasa Geol-geol? Bahaya di Musim Hujan, Ganti 5 Part Ini!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya