Comscore Tracker

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak Menyesal

Bila bagian ini sudah aus, sebaiknya segera diganti, ya!

Mengendarai sepeda motor di musim hujan memang butuh lebih banyak persiapan. Salah satunya dengan memeriksa beberapa parts motor berikut ini. 

Memang, sejumlah komponen ini terkesan minor dan gak terlalu berpengaruh terhadap performa motor. Namun, ternyata dampaknya bisa besar ketika dibiarkan.

Nah, buat kamu yang sering riding di musim hujan, pastikan cek komponen-komponen ini dulu, ya!

1. Karet tutup tangki

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak MenyesalIDN Times/Paulus Risang

Karet tutup tangki sering kali luput diperhatikan. Padahal, perannya cukup penting. Selain menghalagi bahan bakar merembes keluar lewat tutup tangki, karet ini juga berperan menghalangi masuknya air, baik air hujan maupun air saat mencuci motor.

Perannya lebih penting lagi bagi motor batangan alias motor laki, yang memang posisi tangki di luar. Motor bebek dan matic sih bisa lebih tenang karena air gak gampang masuk ke tangki karena letaknya yang di bawah jok.

Karet yang sudah getas sebaiknya segera diganti. Jika dibiarkan dipakai bisa berimbas pada masuknya air ke dalam tangki bahan bakar. Kemudian, bahan bakar yang bercampur air bisa mengganggu kinerja mesin.

Motor bisa saja jadi brebet bahkan sampai mogok di jalan. Terus, air yang ada di tangki bahan bakar pun bakal membuat tangki jadi berkarat dan keropos.

2. Filter udara

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak MenyesalInstagram.com/sitepat_godean

Musim hujan tiba, jangan lupa untuk mengecek filter udara, sekalian diganti bila perlu. Filter yang kotor dan sudah lama gak mengalami penggantian justru menghambat masukan udara yang diperlukan selama proses pembakaran ketika motor sedang hidup.

Udara akan bercampur embun air pas hujan begini, hal itu bakal memperburuk filter yang sudah kotor akan semakin mampet. Kalau sudah begini, siap-siap motor bakal mati tiba-tiba.

3. Busi

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak Menyesalflickr.com/ND-Photo.nl

Busi juga perlu dicek. Busi sendiri memiliki masa pakai, biasanya kalau sudah menempuh jarak yang sudah melewati batas, harus segera diganti meski masih terlihat bagus.

Apalagi jika musim hujan begini, busi yang sudah kelewat masa pakainya bisa jadi menyebabkan motor tiba-tiba mogok pas kehujanan, malah bikin repot Sob.

Baca Juga: Perlukan Mengempeskan Ban Motor di Musim Hujan? Ini Penjelasannya

4. Kop busi

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak MenyesalPixabay/2427999

Selain busi, kop busi yang sudah gak bagus rawan untuk terkena cipratan air. Lantas,  hal itu bisa saja menjadi biang keladi motor mogok pas melewari genangan air. Jadi saat kop busi sudah mulai gak rapat dan mudah sekali cabut maka ada baiknya untuk dilakukan penggantian.

5. Ban

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak MenyesalIlustrasi Ban (IDN Times/Dwi Agustiar)

Perhatikan juga apakah pattern pada ban masih bagus atau sudah aus. Kalau memang pattern ban baik depan maupun belakang sudah gak keliatan alias sudah gundul sebaiknya segera diganti. Karena ban gundul akan lebih licin bila hujan atau melewati genangan air. Malah bisa bahaya jika terus menunda penggantiannya, bisa bikin "jatuh bego", hati-hati!

6. Sistem pengereman

Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak MenyesalIlustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Sistem pengereman pada motor juga penting banget untuk dicek. Sangat berbahaya bila menggunakan motor dengan kampas rem habis karena yang pasti bikin rem jadi gak pakem. Terus cek juga kesediaan minyak remnya. Pastikan selalu tetap terisi jangan sampai kehabisan karena bikin rem blong juga.

Dan rantai jangan lupa untuk dilumasi dengan chain lube ya, di musim hujan rantai lebih cepat kering dan mudah berkarat. Jangan sampai dibiarkan tanpa pelumasan karena membuat rantai cepat minta ganti.

Nah, kalau kamu sudah memastikan bahwa komponen bagian tadi sudah dalam keadaan baik, itu artinya motor kamu siap melibas hujan dengan mantap!

Baca Juga: Mengidamkan Motor 4 Silinder? Perhatikan Dulu 5 Poin Minusnya Ini! 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Inibudi nya di IDN Times Community dengan judul Musim Hujan, 5 Parts di Motor Ini Wajib Diperiksa, Bila Perlu Diganti!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya