Comscore Tracker

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik Bekas

Jangan sampai kena tipu ya!

Sepeda motor matik atau skutik adalah salah satu kendaraan yang digandrungi, terutama oleh pengendara di daerah perkotaan yang padat. Selain mudah dikendarai, beberapa variannya yang ber-cc mungil juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

Tingginya permintaan motor matik membuat matik bekas juga diminati. Apalagi, harganya jauh lebih miring dibandingkan yang baru. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli motor matik bekas. Apa saja?

1. Pastikan bodi motor orisinal

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik BekasInstagram.com/memberofastra

Hal yang harus diperhatikan saat membeli motor adalah melihat bodinya. Pengecekan ini sangat penting dilakukan untuk melihat apakah motor ini pernah kecelakaan ataupun jatuh. Selain itu, pengecekan juga digunakan untuk melihat retakan dan goresan yang ada di bodi motor.

Bodi motor yang lecet tentu akan mengurangi penampilan motor tersebut. Ini bisa membuat harga motor matik tersebut manjadi lebih murah. Jadi dengan mengecek bodi motor tersebut, pembeli menjadi tahu dengan kondisi motor yang akan dibelinya.

2. Periksa kelistrikan motor

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik BekasYamaha-motor.co.id

Motor yang kelistrikannya bagus memang dapat dilihat dari semua alat yang ada di motor dapat berfungsi dengan baik. Kelistrikan motor ini sangat penting diperiksa untuk mengetahui apakah semua alat di motor berfungsi. Kelistrikan motor tersebut sangat penting dalam berkendara karena memberikan rasa aman.

Memeriksa kelistrikan motor ini juga sangat berguna untuk melihat kelayakan motor tersebut. Selain itu, pembeli juga mengetahui sudah berapa lama motor digunakan. Walaupun sederhana, tetapi memeriksa kelistrikan motor sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Baca Juga: Ini Tanda V-Belt Motor Matikmu Harus Diganti, Jangan Terlambat!

3. Periksa mesin motor

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik BekasYamaha-motor.co.id

Cara memeriksa mesin motor yang sangat sederhana dapat dilihat dari nyala motor tersebut. Motor yang mudah dinyalakan dengan starter, berarti mesin motor tersebut masih bagus. Selain itu, mesin motor yang bagus juga dapat dilihat dari bunyi mesinnya. Bunyi mesin yang halus menandakan motor tersebut sering diservis.

Untuk memeriksa mesin motor bekas, sebaiknya dilakukan dengan mengendarai motor tersebut. Mesin motor yang bagus akan membuat pengendara nyaman dalam mengendarainya. Dengan memeriksa mesin motor, pembeli juga menjadi tahu dengan tenaga yang dihasilkan motor matik tersebut.

4. Periksa kelengkapan surat motor

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik BekasPolri.go.id

Memeriksa surat motor ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah motor tersebut asli atau motor curian. Periksa surat motor ini dapat dilakukan dengan melihat STNK dan BPKB. Selain itu, yang tidak kalah penting dilakukan adalah memeriksa pajak motor tersebut.

Jika pemilik motor tersebut menunggak pajak, maka harga motor tersebut dapat diturunkan untuk membayar pajak tersebut. Memeriksa surat motor ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk menghindari penipuan.

5. Cek harga pasaran

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik BekasOtonity.com

Dalam membeli motor matik bekas, hal yang tidak kalah penting dilakukan adalah melihat harga pasaran motor tersebut. Hal ini dilakukan agar uang yang dikeluarkan sebanding dengan kualitas motor yang didapatkan. Dengan mengecek harga pasaran motor, membuat pembeli tidak mudah tertipu dengan harga motor yang sangat murah.

Untuk mengecek harga pasaran motor dapat dilihat melalui situs jual beli, majalah ataupun di internet. Mengecek harga motor juga penting untuk mengetahui harga motor bekas yang sesuai dengan isi kantong. Tentu yang paling utama adalah mendapatkan motor matik bekas yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Nah, dengan memperhatikan hal-hal di atas, semoga kamu gak salah beli motor matik bekas, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Sepeda Motormu Perlu Ganti Oli Segera, Sudah Dicek?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Raffi Aldhi di IDN Times Community dengan judul Beli Motor Matik Bekas? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You