Comscore Tracker

Bahaya, 4 Tempat Berteduh yang Harus Dihindari Goweser Saat Kehujanan

Jangan sembarangan berteduh, ya

Musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pesepeda. Meski telah memakai jas hujan, ada kalanya hujan memaksa kita menepi dan berteduh. Misalnya ketika hujan deras yang mengganggu jarak pandang atau medan yang berbahaya ketika basah.

Nah, berteduh juga harus lihat tempat, jangan asal pilih lokasi untuk berhenti. Sebab, ada beberapa tempat yang tidak melindungi kamu dengan baik saat hujan. Apa saja?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!

1. Di bawah pohon

Bahaya, 4 Tempat Berteduh yang Harus Dihindari Goweser Saat Kehujananflickr.com/Jeevan Kumar

Di bawah pohon bisa dibilang adalah tempat berteduh yang paling mudah ditemui. Namun, ini juga menjadi tempat berteduh yang riskan.

Pesepeda sangat tidak dianjurkan berteduh di bawah pohon ketika hujan turun disertai dengan petir dan angin kencang. Pasalnya, petir cenderung menyambar pohon dan angin kencang berpotensi merobohkan pohon.

Ketika pohon tersambar petir saat seseorang berteduh di bawahnya, tegangan dari petir bisa menjalar ke tubuh orang tersebut.

2. Dekat instalasi listrik

Bahaya, 4 Tempat Berteduh yang Harus Dihindari Goweser Saat KehujananIlustrasi instalasi listrik di perumahan (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Saat memilih tempat berteduh dari hujan, pesepeda perlu memastikan bahwa posisinya tidak berdekatan dengan instalasi kelistrikan apa pun. Ini termasuk tiang listrik, gardu listrik, hingga lampu jalan.

Pasalnya, berteduh di bawah instalasi kelistrikan bisa meningkatkan potensi pesepeda tersengat arus listrik dan mengancam keselamatan.

3. Di bawah flyover

Bahaya, 4 Tempat Berteduh yang Harus Dihindari Goweser Saat Kehujananflickr.com/jendriuno

Pemandangan pengguna jalan berlindung di bawah flyover ketika hujan turun sudah tidak asing lagi. Namun, berteduh di bawah flyover ini sebenarnya tidak direkomendasikan, lho.

Pasalnya, berteduh di bawah flyover bisa mengganggu keamanan dan ketertiban lalu lintas, apalagi jika pesepeda yang berteduh dalam jumlah besar.

4. Dekat papan reklame

Bahaya, 4 Tempat Berteduh yang Harus Dihindari Goweser Saat Kehujananflickr.com/Billboard Art Project

Selain waspada dengan tempat teduh yang berada di dekat instalasi kelistrikan, pesepeda juga harus memastikan bahwa posisinya tidak dekat papan reklame.

Banyak diberitakan kasus tiang dan papan reklame yang roboh dan memakan korban jiwa saat hujan deras. Karenanya, pesepeda harus selalu berhati-hati bahkan saat berteduh.

Jadi, waspadai tempat-tempat di atas, ya! Hindari berteduh di bawahnya apabila kamu kehujanan saat bersepeda.

Baca Juga: Element Luncurkan Sepeda Lipat Pikes 2, Warnanya Fresh Banget!

Baca Juga: Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin Celaka

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya