Comscore Tracker

Hindari, Kelakuan Goweser Ini Bisa Bikin Sepeda Bermasalah!

Jangan keliru memperlakukan sepeda ya!

Beli sepeda mahal tapi sering bermasalah? Sering kali masalah pada sepeda timbul bukan akibat kualitasnya yang tidak baik, melainkan karena goweser keliru dalam memperlakukannya.

Tanpa disadari, ada sederet kelakuan goweser yang bisa bikin sepeda bermasalah. Nah, ini dia beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari agar sepedamu tetap sehat!

1. Menggantung sepeda rem hidrolik dengan posisi terbalik

Hindari, Kelakuan Goweser Ini Bisa Bikin Sepeda Bermasalah!slowtwitch.com

Kalau sepeda kamu menggunakan rem hidrolik, jangan menyimpannya dengan menggantungnya dalam posisi terbalik, ya. Sebab, ketika sepeda diletakkan terbalik, udara akan masuk ke kaliper dan membuat rem menjadi licin sampai udara kembali ke reservoir.

Untuk membuang angin dari kaliper ini kadang perlu teknik bleeding terlebih dahulu. Jika tidak yakin bagaimana cara melakukan bleeding, kamu bisa membawa sepeda untuk di-bleed oleh mekanik ahli.

Baca Juga: Pesepeda Pemula Kerap Melakukan 5 Kesalahan Ini, Apa Saja?

2. Tidak memerhatikan tekanan ban

Hindari, Kelakuan Goweser Ini Bisa Bikin Sepeda Bermasalah!flickr.com/Rüdiger

Tekanan udara ban yang rendah bisa menimbulkan pinch flat, yaitu kondisi saat ban luar dan pelek menjepit ban dalam. Selain itu, kebiasaan ini juga menyebabkan karet ban lebih cepat aus.

Sebaliknya, tekanan ban yang terlalu tinggi juga bisa meningkatkan resistensi ban untuk berputar sehingga bikin perjalanan tidak nyaman.

Untuk menyesuaikan tekanan udara yang pas, sesuaikan dengan gaya bersepeda. Pasalnya, gaya bersepeda berpengaruh pada medan yang dilintasi ban sepeda.

Selain kondisi berkendara bobot tubuh pesepeda juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan ketika menentukan tekanan pada sepeda.

3. Berlebihan melumasi rantai

Hindari, Kelakuan Goweser Ini Bisa Bikin Sepeda Bermasalah!commons.wikimedia.org

Pemilik sepeda dianjurkan untuk selalu menjaga rantai tetap terlumasi dan tidak kering. Rantai yang terlumasi dengan baik akan terhindar dari karat dan aus.

Meskipun begitu, pastikan tidak dilakukan secara berlebihan, ya! Terlalu banyak pelumas malah bisa menjadi hal buruk bagi rantai. Pelumasan berlebih di bagian luar rantai lebih menarik kotoran yang bisa mengikis drivetrain sepeda.

Agar drivetrain lebih awet, gunakan juga pelumas yang sesuai dengan kondisi bersepeda. Jika bersepeda di kondisi berlumpur, gunakan pelumas basah. Jika bersepeda di medan yang kering, gunakan juga pelumas kering.

4. Tetap bersepeda dengan komponen bermasalah

Hindari, Kelakuan Goweser Ini Bisa Bikin Sepeda Bermasalah!flickr.com/Glory Cycles

Jika ada komponen sepeda yang aus atau rusak, usahakan untuk segera diganti. Memaksa gowes dengan komponen bermasalah justru bakal merepotkan dirimu sendiri.

Bayangkan bersepeda dengan rem aus atau kabel shifter yang rusak karena kita merasa komponen tersebut masih bisa dibawa gowes sekali atau dua kali. Tapi, belum tuntas gowes pertama, kabel shifter justru putus ketika kita dua jam jauhnya dari rumah. Repot kan?

Nah, agar terhindar dari masalah pada sepeda, hindari kelakuan di atas, ya!

Baca Juga: 6 Tips Aman Bersepeda di Malam Hari, Goweser Wajib Baca!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya