Comscore Tracker

Bisa Fatal, 5 Kondisi Ini Menyebabkan Rem Motor Blong di Jalan

Bisa berbahaya akibatnya kalau sering dibiarkan

Rem merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk sepeda motor. Rem menjaga laju motormu tetap terkendali. Namun, rem bisa mengalami malfungsi alias blong pada kondisi-kondisi tertentu. Hal ini tentu berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

Apa saja kondisi yang berpotensi bikin rem motor blong? Simak di bawah ini ya!

1. Macet berjam-jam

Bisa Fatal, 5 Kondisi Ini Menyebabkan Rem Motor Blong di Jalanpixabay.com/Free-Photos

Kondisi macet dengan jangka waktu yang lama bisa menyebabkan rem blong. Apalagi, jika kamu terjebak macet pada tanjakan atau turunan. Hal ini akan menyebabkan rem cakram terlalu panas karena terlalu sering digunakan. Pastikan kamu berhati-hati dan menggunakan rem secara bergantian. 

2. Menuruni bukit

Bisa Fatal, 5 Kondisi Ini Menyebabkan Rem Motor Blong di Jalanallstate.com

Kondisi menuruni bukit juga berpotensi membuat penggunaan rem kamu berlebihan dan blong. Pada umumnya, rem depan akan lebih sering digunakan pada jalan turunan. Dengan beban yang bertumpu pada rem depan, kamu harus berhati-hati agar rem tidak terlalu panas.

Baca Juga: 5 Penyebab Motor Susah Dihidupkan Setelah Dicuci, Coba Dicek!

3. Beban terlalu berat

Bisa Fatal, 5 Kondisi Ini Menyebabkan Rem Motor Blong di Jalanyoutube.com/afrycze

Kondisi beban yang terlalu berat juga akan memberi beban tambahan untuk rem motor. Terlebih lagi melewati tanjakan atau turunan tentu akan membuat rem bekerja ekstra. Jika kamu membawa beban ekstra, pastikan kamu tidak mengebut agar rem tidak terlalu panas.

Baca Juga: Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinya

4. Perjalanan jarak jauh

Bisa Fatal, 5 Kondisi Ini Menyebabkan Rem Motor Blong di Jalanpixabay.com/werner22brigitte

Kondisi perjalanan jauh juga berpotensi untuk membuat rem kamu kerja berlebihan dan blong. Jika kamu melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu beristirahat sejenak agar rem kamu tidak terlalu panas. Selain mendinginkan rem, kamu juga bisa beristirahat sejenak melepas lelah. 

5. Mengebut

Bisa Fatal, 5 Kondisi Ini Menyebabkan Rem Motor Blong di Jalanpixabay.com/Santa3

Kondisi ini adalah kondisi yang sering menyebabkan rem terlalu panas dan blong. Jika kamu terlalu sering mengebut dan rem mendadak, maka bisa jadi rem kamu terlalu panas dan menyebabkan blong. Solusinya adalah kamu harus mengurangi kecepatan agar suhu rem turun dan bisa berfungsi kembali.

Sebisa mungkin, hindari kondisi yang bisa menyebabkan rem motor blong di atas. Lebih baik berkendaralah secara aman dan sesuai aturan.

Baca Juga: 5 Tanda Sepeda Motormu Sudah Harus Ganti Oli, Jangan Sampai Telat!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Evan Yulian Philaret di IDN Times Community dengan judul Hati-hati, 5 Kondisi Ini Bisa Bikin Rem Motor Kamu Blong

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya