Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!

Apa sajakah tandanya?

Seperti halnya olahraga pada umumnya, bersepeda adalah aktivitas fisik yang menguras energi. Banyak cairan tubuh yang terbuang ketika kamu melakukan aktivitas ini, terlebih jika dalam durasi yang cukup lama.

Oleh sebab itu, kamu perlu mewaspadai ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan saat gowes. Tak hanya membuat konsentrasi menurun, aliran oksigen di dalam tubuh juga bisa terganggu. Akibatnya pun bisa fatal.

Ini dia tanda-tanda tubuh kamu mulai mengalami dehidrasi ketika bersepeda.

1. Mudah lelah

5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!freepik.com

Tanda pertama dehidrasi adalah mudah lelah. Padahal kamu baru saja berangkat gowes. Rasa lelah yang tak wajar ini bisa jadi karena tubuh kekurangan cairan.

Hal ini mengakibatkan jantung berdetak lebih kuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen ke otot. Sehingga tubuh pun jadi terasa kelelahan.

2. Denyut jantung mulai meningkat

5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!discerningcyclist.com

Detak jantung akan meningkat sesuai intensitas olahraga yang tengah dilakukan. Namun, kamu perlu mengetahui interval detak jantung normal dan mewaspadai jika denyut jantungmu lebih cepat dari seharusnya.

Detak jantung yang normal saat berolahraga berada di rentang 120 hingga 160 denyut per-menit. Jika lebih dari itu menandakan bahwa kamu mulai mengalami dehidrasi.

Jantung yang berdetak lebih cepat dari angka normal biasanya disebabkan oleh darah yang mengental karena kekurangan cairan.

Baca Juga: 6 Tips Aman Bersepeda di Malam Hari, Goweser Wajib Baca!

3. Kulit terasa mengendur

5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!roadbikereview.com

Dalam kasus kulit mengendur ini, sebenarnya bukan mengendur, tapi tekanan turgor pada kulit mulai menurun.

Contohnya saat kulit dicubit, setelah 2-3 detik cubitan tersebut dilepas, kulit akan pelan-pelan kembali ke keadaan semula.

Namun jika lebih lama dari biasanya, maka bisa jadi itu adalah tanda tubuh kamu mengalami dehidrasi berat.

4. Pusing sesaat setelah berpindah posisi

5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!bicycling.com

Jika tubuh mulai mengalami dehidrasi, kamu akan merasa pusing ketika berpindah posisi. Misalnya, saat berpindah dari posisi duduk kemudian berdiri, kepala akan terasa berputar.

Untuk itu, cepat konsumsi air putih, sebab jika kekurangan cairan, dapat menyebabkan komplikasi serius.

5. Otot mulai kejang-kejang

5 Tanda Kamu Alami Dehidrasi Saat Bersepeda, Jangan Diremehkan!singletracks.com

Gak bisa dipungkiri ketika dehidrasi, otot tubuh mulai kejang-kejang seperti ada yang mencekik. Hal ini bisa jadi karena tubuh kekurangan cairan dan kadar elektrolit yang tidak seimbang.

Ketika kadar elektrolit dan cairan di dalam tubuh tidak seimbang, tidak menutup kemungkinan kamu akan perlahan kehilangan kesadaran. Kalau sudah begitu, sebaiknya segera menepi dan beristirahat, ya!

Itulah beberapa tanda dehidrasi yang patut kamu waspadai ketika bersepeda. Pastikan selalu bawa botol minuman saat gowes dan minumlah sebelum benar-benar haus, ya!

Baca Juga: Beberapa Kelakuan Goweser Ini Bisa Menimbulkan Masalah pada Sepeda

Baca Juga: Hindari, Kelakuan Goweser Ini Bisa Bikin Sepeda Bermasalah!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya