Comscore Tracker

Nekat Merokok Sambil Naik Motor, Ini Sanksi Hukumnya

Ingat, merokok sambil naik motor bisa kena pidana

Jakarta, IDN Times - Pengendara motor yang merokok sambil mengemudi memang bikin kesal pengguna jalan lain. Sebab, abu dan bara rokok yang tertiup angin bisa nyasar ke mata dan merusak pakaian, sehingga membahayakan pengendara di belakangnya.

Untuk informasi, merokok saat berkendara dapat dijerat hukum, lho! Apa dasar hukum dan sanksinya? 

Baca Juga: 3 Tips Menghadapi Pengendara Motor Agresif di Jalan, Jangan Terpancing

1. Pasal larangan merokok saat berkendara

Nekat Merokok Sambil Naik Motor, Ini Sanksi Hukumnyahiveminer.com

Larangan merokok saat berkendara sudah ada payung hukumnya, yakni Permenhub No.12 Tahun 2019 tentang Pelindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat.

Pasal 6 huruf C pada peraturan tersebut berbunyi: "Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor."

Permenhub ini menegaskan peraturan sebelumnya yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Pasal 106 ayat (1) UU LLAJ menyebutkan, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.”

Sementara, Pasal 283 menyebutkan, “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Nah, merokok ini dianggap bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

2. Sudah ada pengendara yang dijerat karena merokok saat berkendara motor

Nekat Merokok Sambil Naik Motor, Ini Sanksi Hukumnyaunsplash.com/Антон Воробьев

Ada peraturan, tentu ada sanksinya. Seorang pengendara sepeda motor di Sibolga pernah divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sibolga karena mengemudikan sepeda motor sambil merokok.

Terdakwa terbukti mengemudikan sepeda motor dengan satu tangan sementara tangan lainnya memegang rokok. Kelalaiannya ini menyebabkan kecelakaan yang membuatnya dihukum dengan pidana selama satu tahun satu bulan.

Perlu dicatat, larangan merokok saat berkendara ini tidak hanya berlaku untuk pengendara sepeda motor, tapi juga pengemudi mobil.

3. Membahayakan pengendara lain

Nekat Merokok Sambil Naik Motor, Ini Sanksi Hukumnyadaytonazone.com

Selain ancaman penjara, berkendara sambil merokok juga bisa membahayakan orang lain. Sebab abu dan bahkan bara rokok yang terbang ditiup angin bisa menerpa pengendara di belakangnya. Akibatnya bisa memicu kecelakaan.

Jadi, masih mau merokok sambil berkendara?

Baca Juga: Sering Diabaikan, 5 Hal Ini Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya