Comscore Tracker

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing Vespa

Lambretta pernah berjaya pada 1960-an

Jakarta, IDN Times - Apa sih perbedaan Lambretta dan vespa? pasti banyak pertanyaan mengenai perbedaan dua motor asal Italia itu. Banyak juga yang mengira Lambretta adalah keluarga Vespa.

Cara paling gampang membedakan Lambretta atau Vespa adalah dengan melihat bentuk headlamp atau lampu depannya.

Salah satu ciri khas Lambretta adalah headlampnya berbentuk heksagonal. Sementara Vespa lebih banyak menggunakan headlamp berbentuk bulat atau kotak.

Lambretta diproduksi oleh Ferdinando Innocenti. Sementara Vespa hasil besutan Piaggio. Jadi dua skuter ini berasal dari dua pabrikan yang berbeda.

Namun keduanya muncul hampir bersamaan. Produksi perdana Lambretta dirilis pada 1947.
Sementara Vespa pertama diluncurkan setahun sebelumnya. Jadi Vespa itu setahun lebih tua dari Lambretta.

Hanya saja Lambretta tidak terlalu terkenal di Indonesia, gaungnya di tanah air memang tidak seheboh Vespa.

Baca Juga: Sarat Makna dan Sejarah, Ini 20 Julukan Unik Kota-Kota di Indonesia 

1. Lambretta berawal dari pabrik baja yang hancur

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing VespaLibScoot

Kisah Lambretta berawal saat Ferdinando Innocenti membangun pabrik baja di Roma pada 1922. Innocenti lalu melakukan ekspansi dengan membangun pabrik tabung baja yang lebih besar di Milan pada 1931.

Sayang pabrik tersebut hancur saat Perang Dunia 2 berkecamuk. Di tengah puing-puing pabrik bajanya itulah Innocenti mendapatkan ide menciptakan alat transportasi.

Ide ini kemudian melahirkan konsep transportasi yang murah namun tahan banting, yakni skuter!

2. Meracik konsep skuter dengan Corradino D'Ascanio

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing Vespalambrettaframecheck.co.uk

Innocenti lalu membawa konsep skuter yang ada di kepalanya kepada Corradino D'Ascanio, seorang insinyur penerbangan. D'Ascanio sebelumnya pernah mendesain konstruksi helikopter.

Kepada D'Ascanio, Innocenti berpesan agar skuter racikannya nanti harus kuat dan terjangkau. Selain itu skuter tersebut juga harus mudah dikemudikan pria maupun wanita.

Satu lagi syarat yang diminta Innocenti, yakni skuter tidak membuat kotor pakaian pengendaranya.

3. D'Ascanio merancang skuter revolusioner

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing Vespalambretta.com

Di tangan D'Ascanio, konsep skuter yang dibawa Innocenti menemukan bentuknya. D'Ascanio membangun skuter dengan spar frame dan sistem perpindahan gigi pada setang.

Sementara mesin yang menempel pada bodi langsung terhubung ke roda belakang, membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda menjadi sangat efisien.

Sementara bagian depan dipasangi 'perisai' agar pengendara tidak terciprat kotoran dari depan. Desain skuter yang dibangun D'Ascanio ini sangat revolusioner.

Oya, D'Ascanio juga menghilangkan rantai konvensional. Sebab rantai seringkali menjadi sumber kotoran dan minyak.

Sementara untuk mengakomodasi perempuan, D'Ascanio mendesain ruang kaki yang lapang dan datar. Sehingga perempuan yang biasanya menggunakan rok jadi mudah mengendarai skuter ini.

4. D'Ascanio dan Innocenti pecah kongsi

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing VespaFiveprime

Sayang di tengah jalan D'Ascanio dan Innocenti pecah kongsi. Innocenti menginginkan agar spar frame atau skuter tersebut diproduksi dan dinamai dengan nama pabrik pembuatan tabung baja miliknya, yakni Lambretta.

Namun D'Ascanio menolak. D'Ascanio kemudian memilih bergabung dengan Enrico Piaggio. Mereka kemudian melahirkan spar frame Vespa pada 1946.

5. Lambretta pertama dirilis 1947

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing VespaTreccani

Sepeninggal D'Ascanio, Innocenti kemudian menggandeng Cesare Pallavicino dan Pier Luigi Torre, dua insinyur aeronautika.

Produksi pertama Lambretta dirilis pada 1947, setahun setelah Vespa. Lambretta edisi perdana ini hadir dengan pilihan kursi untuk penumpang belakang.

Oya, nama Lambretta diambil dari nama daerah di pinggiran Kota Milan.

Lambretta mulai mengaspal di tanah air sekitar tahun 1950-an. Sejak itu nama Lambretta terus berkibar. Bahkan Lambretta pernah disulap menjadi Helicak dan Super Helicak di Jakarta, lho.

6. Lambretta sempat meredup sebelum bangkit lagi

Kembalinya Legenda Skuter Lambretta, Pesaing VespaBigbikeinfo.com

Sayangnya, penjualan Lambretta menyusut karena sulitnya perekonomian saat itu. Hingga akhirnya Innocenti memutuskan menghentikan produksi skuter Lambretta pada 1971.

Baca Juga: Joe Biden, Mantan Wapres yang Ingin Nyapres

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya