Comscore Tracker

Bahaya, 5 Kelakuan Konyol Pengendara Ini Bisa Berakibat Fatal

Sama sekali gak keren!

Sebagai salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan, mengendarai sepeda motor sebenarnya berisiko tinggi. Mulai dari terjatuh karena lubang jalan, terserempet kendaraan lain, hingga tergelincir karena jalan yang licin.

Namun, masih banyak yang abai dengan keselamatan saat mengendarai motor. Bahkan, tak sedikit yang sengaja menantang bahaya, seolah punya banyak nyawa cadangan. Nah, jangan lakukan kelakuan konyol yang berakibat fatal ini!

1. Mencopot atau melipat spion

Bahaya, 5 Kelakuan Konyol Pengendara Ini Bisa Berakibat Fatalunsplash/Tycho Atsma

Kita semua tahu fungsi spion, yakni untuk melihat situasi di belakang dan samping motor. Karena itu, sangat mengherankan jika ada orang yang sengaja mencopot atau melipat ke dalam spion motornya.

Padahal mencopot atau melipat spion justru akan membahayakan dirinya sendiri. Lagi pula mencopot atau melipat spion juga tidak akan membuatmu tambah keren, kan?

2. Mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil

Bahaya, 5 Kelakuan Konyol Pengendara Ini Bisa Berakibat FatalYouTube/awal Ubaydillah

Kelakuan lain yang sering dilakukan anak motor adalah mengganti ukuran ban dengan yang lebih kecil. Bahkan ada lho yang mengganti ban standar dengan ban yang tipisnya mirip-mirip ban sepeda fixie.

Tujuannya supaya motor bisa dibetot lebih kencang. Padahal semakin kencang laju motor semakin besar pula risikonya, apalagi dengan ban sekecil itu.

Kalau tujuannya ingin melaju lebih cepat, sebaiknya bukan ban yang diganti, tapi BPKB motornya yang diganti dengan motor yang lebih besar cc-nya.

Baca Juga: Nekat Merokok Sambil Naik Motor, Ini Sanksi Hukumnya

3. Memainkan ponsel saat berkendara

Bahaya, 5 Kelakuan Konyol Pengendara Ini Bisa Berakibat Fatalunsplash.com/William Hook

Memainkan ponsel saat membawa motor jelas akan memecah konsentrasi. Karena itu simpan saja ponselmu di saku atau tas selama mengemudikan motor.

Kalau memang harus menghubungi seseorang, menepilah sebentar. Jangan menelpon sambil menyetir, sebab itu gak hanya membahayakan dirimu, tapi juga orang lain.

4. Menerobos lampu merah

Bahaya, 5 Kelakuan Konyol Pengendara Ini Bisa Berakibat FatalIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kalau mau nekat, sebaiknya jangan di jalan raya. Sebab akibatnya gak hanya kamu yang menanggung, tapi juga orang lain. Karena itu patuhi peraturan lalu lintas, termasuk lampu merah.

5. Kebut-kebutan di jalan raya

Bahaya, 5 Kelakuan Konyol Pengendara Ini Bisa Berakibat FatalDok.IDN Times/GIIAS 2019

Jalan yang lurus dan sepi memang sering memancing biker untuk menarik gas hingga pol. Mereka lupa kalau jalan raya bukan sirkuit, bukan tempat untuk balapan atau mengeksplorasi mesin motor.

Kalau ingin tiba lebih cepat di tujuan, caranya bukan dengan menganggap jalan seolah sirkuit, sebab kelakuan seperti ini justru bisa mengantarmu ke rumah sakit.

Sebagai pengendara yang cerdas dan bijak, sudah selayaknya menghindari kelakuan konyol di atas. Setuju?

Baca Juga: 3 Tips Menghadapi Pengendara Motor Agresif di Jalan, Jangan Terpancing

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya