Comscore Tracker

Skuter Matik Keluaran Baru Ini Ternyata Memiliki Sejumlah Masalah

Baru bukan berarti bebas dari masalah

Jakarta, IDN Times - Ketatnya persaingan antarpabrikan otomotif di Tanah Air membuat mereka berlomba-lomba meluncurkan varian sepeda motor terbaru. Motor-motor itu dibekali dengan beragam fitur terbaik untuk mengungguli pesaingnya.

Sebut saja pertarungan antara dua skutik premium, NMAX dari Yamaha dan PCX dari Honda. PCX hadir untuk menggoyang dominasi NMAX. Namun, NMAX lantas diperbarui dengan berbagai fitur canggih dan desain yang lebih fresh.

Kendati demikian, motor baru gak selalu bebas dari masalah. Ya, persaingan memang membuat konsumen bisa memilih produk terbaik sesuai selera mereka. Namun, hal ini juga membuat produsen terkadang luput melihat masalah dalam suatu produk karena mereka ingin motor tersebut segera dirilis untuk bersaing.

Akibatnya, ada sejumlah produk yang langsung dikeluhkan tak lama setelah peluncurannya. Ini dia beberapa produk skuter matik yang sempat disorot di awal kemunculannya karena masalah yang menyertainya.

1. Honda PCX 150 rakitan lokal

Skuter Matik Keluaran Baru Ini Ternyata Memiliki Sejumlah Masalahwww.astra-honda.com

Motor besutan Honda yang satu ini bisa dibilang motor yang cukup diminati masyarakat. Kompetitor dari Yamaha NMAX ini juga menjadi salah satu motor terlaris dari Honda. Tapi banyak pemilik PCX rakitan lokal ini yang sempat mengeluhkan motor ini.

Bahkan keluhan tersebut mereka sampaikan melalui petisi di laman change.org. Pada petisi berjudul 'Recall Honda PCX lokal' tersebut mereka mengeluhkan tarikan gas yang berat pada RPM rendah, gredek pada RPM rendah, dan terkadang motor mendadak mati. Sampai saat ini petisi tersebut telah ditandatangani lebih dari 3 ribu orang.

2. Yamaha Aerox 155

Skuter Matik Keluaran Baru Ini Ternyata Memiliki Sejumlah Masalahwww.yamaha-motor.co.id

Motor keluaran dari Yamaha yang satu ini juga banyak mendapatkan keluhan. Lewat petisi di laman Change.org, masyarakat mengeluhkan munculnya kode error 12 yang ada di panel instrumen di bawah speedometer.

Kode 12 itu sendiri memiliki arti sinyal yang diterima crankshaft position sensor (CPS) atau Pulser tidak normal. Yamaha akhirnya menanggapi petisi itu dan bersedia menerima klaim garansi selama garansi itu masih aktif.

Baca Juga: Baru Diluncurkan, Ini 5 Fitur Andalan Yamaha NMAX Terbaru

3. Honda ADV 150

Skuter Matik Keluaran Baru Ini Ternyata Memiliki Sejumlah MasalahIDN Times/Fitang Budi Adhitia

Motor Honda keluaran 2019 ini ternyata juga tak lepas dari masalah. Ada pengguna motor ini yang mengeluhkan gredek pada mesin ADV 150, masalah yang juga dihadapi para pemilik Honda PCX150 rakitan lokal. 

Lewat petisi dari laman Change.org, beberapa orang menuntut recall pada Honda ADV. Sampai saat ini belum ada jawaban resmi dari pihak Astra Honda Motor (AHM) untuk menanggapi petisi tersebut. Petisi yang telah ditandatangani oleh 63 orang ini juga telah ditutup. 

4. Honda Vario

Skuter Matik Keluaran Baru Ini Ternyata Memiliki Sejumlah Masalahwww.astra-honda.com

Menjadi salah satu motor terlaris di tahun 2019 tak membuat Honda Vario bebas dari masalah. Motor ini juga memiliki beberapa isu yang sama seperti beberapa motor keluaran Honda lain.

Kebanyakan orang mengeluhkan gredek pada RPM rendah yang sering terjadi pada Honda Vario ini. Selain itu, shockbreaker yang amblas dan keras juga sering dikeluhkan beberapa orang pada motor ini. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kesan Pertama Menjajal PCX150 dan ADV150 di Honda Premium Matic Day

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya