Comscore Tracker

Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin Celaka

Yuk, hindari kebiasaan ini agar kamu tetap aman di jalan

Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ditambah adanya fenomena La Nina, hujan lebat semakin sering terjadi. Kondisi semacam ini patut diwaspadai oleh pengendara motor yang sering kali terpaksa menerobos hujan.

Berkendara saat hujan memang jauh lebih berisiko, karena kamu menghadapi beberapa kondisi yang menyulitkan seperti jarak pandang yang berkurang, jalan yang licin, lubang yang gak kelihatan, dan sebagainya.

Namun, terkadang kecelakaan juga terjadi karena kelalaian kita sendiri. Nah, ini dia kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari saat mengendarai motor di musim hujan agar terhindar dari celaka!

Baca Juga: Alasan Logis Mengapa Jas Hujan Ponco Tak Disarankan bagi Biker

1. Menggunakan alas kaki berupa sandal

Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin Celaka(IDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda)

Takut sepatunya basah atau kotor saat menerobos hujan, banyak pengendara motor yang memilih menggunakan sandal. Bahkan, ada juga yang gak memakai alas kaki sama sekali.

Kebiasaan ini sangat membahayakan. Sebab sandal itu tidak melindungi kaki dengan sempurna. Sehingga, jika motormu tegelincir, kakimu kemungkinan besar akan cedera atau setidaknya terbaret aspal atau jalanan. Karena itu, selalu gunakan sepatu saat naik motor, ya!  

2. Mengangkat kaki saat menerjang banjir

Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin CelakaIDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda

Biker juga kerap mengangkat kaki saat melewati genangan air atau banjir. Tujuannya agar sandal atau sepatu tidak basah. Tidak salah sih, tapi ini bisa membahayakan diri sendiri.

Sebab dengan mengangkat kedua kaki, keseimbangan pengendara bisa terganggu. Belum lagi aliran air yang biasanya lumayan deras. Akibatnya bisa motor dan pengendaranya bisa terjatuh. Kalau sudah begitu, bukan cuma sepatu aja yang basah, tapi baju dan celanamu juga.

Baca Juga: Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak Menyesal

3. Berhenti atau berbelok secara mendadak

Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin CelakaIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Saat hujan tiba-tiba turun, biasanya pengendara secara naluriah akan langsung berhenti atau membelokkan kendaraannya ke tempat yang teduh. Hal ini sangat berbahaya sebab bisa-bisa kamu ditabrak kendaraan lain dari belakang. 

Karena itu, meski hujan mendadak turun, jangan langsung berbelok atau berhenti. Sebaliknya, berhentilah secara perlahan dan nyalakan lampu sein. Setelah aman, silakan berteduh.

4. Pemilihan jas hujan yang salah

Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin CelakaPixabay/Suky6661

Pemilihan model jas hujan yang salah juga sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi biker. Penggunaan jas hujan ponco memiliki potensi kecelakaan yang lebih besar.

Sebab, modelnya yang panjang dikhawatirkan akan tersangkut pada ban motor saat melaju. Oleh sebab itu, jas hujan model setelan adalah rekomendasi terbaik untuk biker. 

5. Tekanan ban yang tidak pas

Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin Celakaericomotorsports.com

Tidak memperhatikan tekanan ban juga sangat berpengaruh. Tekanan ban yang berlebihan dapat menyebabkan ban akan lebih licin saat melaju, sedang tekanan ban yang kurang juga akan menambah beban sehingga motor akan terasa lebih berat. 

Untuk itu, sebaiknya biker harus lebih memperhatikan tekanan ban saat musim hujan seperti ini. Jangan berlebihan dan jangan juga kekurangan, ya!

Nah, kebiasaan di atas patut kamu hindari agar lebih aman saat berkendara motor di musim hujan. Mana saja yang sering kamu lakukan tanpa sadar?

Baca Juga: Jangan Malas, Ini 5 Alasan Cuci Motor Itu Penting Setelah Kehujanan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya