Comscore Tracker

Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim Hujan

Tetap hati-hati, apalagi ketika hujan deras

Berkendara di musim hujan mau tak mau harus dilakoni oleh mereka yang harus ngelaju dari rumah ke tempat kerja setiap hari. Bagi pengendara motor, berkendara memiliki risiko yang lebih tinggi saat jalanan diguyur hujan.

Sebab, ada sejumlah bahaya yang mengintai mereka saat berkendara menembus hujan. Jadi, biker harus ekstra hati-hati. Apa saja, ya?

1. Jalan berlubang

Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim HujanTwitter/tmcpoldametro

Jalan yang berlubang bisa mengancam keselamatan pengendara motor karena dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan. Terlebih di musim hujan, di mana lubang-lubang di jalan sering kali tertutup genangan air sehingga tidak terlihat. Karena itu, kamu harus ekstra hati-hati saat berkendara ketika hujan. 

Pilihan terbaik adalah meneduh. Kalau kamu terpaksa menerobos hujan, melajulah secara perlahan dan jaga jarak aman dari pengendara di depanmu. 

Baca Juga: Awas, 5 Kebiasaan Pengendara Motor di Musim Hujan Ini Bikin Celaka

2. Pohon tumbang

Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim HujanPetugas menyingkirkan pohon yang tumbang, Senin (6/1). IDN Times/Dok.Command Center 112

Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang berpotensi menyebabkan pohon tumbang. Hal ini dapat membahayakan pengguna jalan, termasuk biker.

Karena itu sebisa mungkin hindari rute yang kiri kanannya banyak berdiri pohon besar. Jangan pula berteduh di bawah pohon-pohon tersebut. Karena akan gawat jadinya kalau sampai pohon tersebut tumbang.

3. Billboard roboh

Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim Hujanantaranews.com

Selain pohon tumbang, billboard juga sangat rawan roboh diterpa angin kencang ketika hujan. Karena itu jangan sekali-kali berteduh di bawahnya, ya. Kalau memang ingin berteduh, carilah tempat yang kokoh.  

4. Banjir

Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim HujanIlustrasi pengendara sepeda motor melintasi banjir. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Banjir juga kerap kali menjadi ancaman bagi pengendara. Tak jarang, akibat banjir yang menggenang di jalanan menyebabkan motor mogok. Untuk itu, jangan nekat untuk menerjang banjir. Sebaiknya cari jalan lain yang lebih aman agar air tidak masuk ke dalam ruang mesin.

5. Tiang listrik roboh

Waspada, 5 Bahaya yang Mengintai Pengendara Motor di Musim HujanTiang listrik roboh melintang di jalan. IDN Times/Daruwaskita

Angin kencang juga bisa merobohkan tiang listrik. Tak hanya menimpa kendaraan yang melintas, aliran listrik yang ada juga dikhawatirkan menjalar ke elemen lain. Ada baiknya, saat hujan jauhi tiang listrik yang ada di pinggir jalan dan jangan menyentuhnya!

Potensi bahaya yang mengintai pengendara motor di atas mengingatkan kita bahwa keselamatan di jalan itu prioritas utama. Kalau memang hujan deras, sebaiknya gak usah memaksa untuk menerobos, ya.

Baca Juga: Musim Hujan, Wajib Cek 6 Komponen Motor Ini Biar Gak Menyesal

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya