Comscore Tracker

Cara Memakai AC Mobil Tanpa Bikin BBM Boros, Terapkan, Yuk!

Kabin dingin, BBM tetap irit

Mengendarai mobil pada siang yang terik di kota besar yang padat, AC tentu wajib dinyalakan. Tanpa pendingin udara, bisa-bisa kabin mobilmu berubah jadi ruang sauna. Itu sebabnya, merawat AC gak kalah pentingnya dengan mesin mobil.

Namun, penggunaan AC berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, bahkan bisa membuatnya menjadi lebih boros. Ketika AC dihidupkan, kerja mesin menjadi lebih berat. Alhasil konsumsi bensin pun semakin tinggi. 

Nah, berikut beberapa tip menggunakan AC tanpa membuat konsumsi BBM jadi boros.

1. Naikkan suhu ketika kabin sudah dingin

Cara Memakai AC Mobil Tanpa Bikin BBM Boros, Terapkan, Yuk!germanformula.com

Bila temperatur dalam kabin penumpang sudah terasa dingin, kamu bisa segera menaikan kembali temperaturnya ke suhu yang lebih tinggi. Ini penting agar kerja kompresor AC bisa sedikit berkurang.

Sedikit berbeda namun masih dalam konteks yang sama, saat melewati daerah dengan suhu udara yang cukup rendah atau dingin, seperti daerah pegunungan, lebih baik mematikan AC dan buka jendela.

Baca Juga: Mau Beli Mobil Pertama, 5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan!

2. Parkir di tempat yang teduh

Cara Memakai AC Mobil Tanpa Bikin BBM Boros, Terapkan, Yuk!IDN Times/Irfan Fathurohman

Usahakan untuk selalu parkir di tempat yang teduh, terutama saat cuaca sangat panas. Ini perlu dilakukan agar saat AC akan digunakan untuk pertama kalinya tidak akan bekerja terlalu berat akibat panas yang terlalu menyengat.

3. Buka jendela sebelum menyalakan AC

Cara Memakai AC Mobil Tanpa Bikin BBM Boros, Terapkan, Yuk!Pexels.com/clark-cruz-1064141

Sesaat setelah menyalakan mesin mobil, lebih baik bila membuka jendela terlebih dahulu supaya udara panas dari dalam kabin dapat keluar dengan cepat, baru kemudian menyalakan AC untuk menyejukkan ruangan. Cara ini juga mampu meringankan kinerja AC nantinya dalam mendinginkan karena suhu dalam kabin sudah tidak terlalu panas.

Itu dia beberapa cara yang patut diterapkan saat menggunakan AC di mobil. Sudah kamu praktikkan?

Baca Juga: 5 Masalah yang Sering Dialami Mobil LCGC Plus Solusinya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya