Comscore Tracker

Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di Mobil

Dashcam bisa menjaga keamanan pengendara

Pemasangan dashboardcamera (dashcam) ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk melengkapi fasilitas mobil atau untuk membuat konten video, dashcam juga bisa menjaga keselamatan bagi pengendara mobil.

Banyaknya manfaat itu menjadikan dashcam saat ini banyak terpasang di mobil.  Apa saja sih manfaat dashcam itu? Mari simak artikelnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Fitur Dark Mode pada Gawai, Sering Pakai?

1. Bisa merekam momen penting jika ada kejadian di sekitar mobil

Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di MobilUnsplash/Page Eight Studio

Apakah kamu pernah melihat kejadian alam seperti angin puting beliung, tanah longsor, atau gunung meletus dari rekaman video orang yang ada di dalam mobil? Terkadang memang banyak kejadian-kejadian langka terjadi saat seseorang berkendara.

Dengan adanya dashcam, kamu tak perlu repot lagi mengeluarkan ponsel dan mengganggu konsentrasi berkendaramu karena sudah otomatis terekam melalui dashcam. Rekaman video ini akan bermanfaat untuk memberikan informasi jika terjadi suatu kejadian langka yang berada di dekat mobilmu saat sedang berkendara.

2. Jika mobil kecelakaan, kamu bisa tahu siapa yang salah dari rekaman video dashcam

Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di MobilPixabay/valtercirillo

Salah satu fungsi dashcam yang bisa menolongmu adalah mampu merekam kejadian saat kamu sedang berkendara sehingga jika terjadi kecelakaan pada mobilmu, kamu tinggal membuka rekaman dashcam untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi sehingga menyebabkan kamu kecelakaan.

Rekaman ini juga bisa menjadi bukti siapa yang bersalah sampai bisa terjadi kecelakaan. Karena rekaman video akan lebih akurat dan lebih bisa dianalisa dengan melihat rekamannya berulang-ulang daripada mengandalkan saksi mata dari orang yang melihat kecelakaan yang menimpamu. Tentu kamu bisa menuntut ganti rugi jika terbukti bukan kamu yang bersalah.

3. Membantu menindak pelanggaran lalu lintas dari rekaman dashcam

Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di MobilUnsplash/Jan Starek

Kelakuan pengendara kendaraan bermotor di jalan terkadang sering tidak menuruti peraturan lalu lintas yang ada, sehingga bisa mencelakakan pengguna jalan lain. Jika kebetulan pengendara kendaraan yang seperti itu berada di dekat mobilmu, maka kamu bisa membantu pihak yang berwajib untuk menindaklanjuti melalui bukti rekaman video yang ada di dashcam agar pengguna jalan yang tidak bertanggung jawab bisa ditindak.

Baca Juga: Motor dan Mobil Klasik Bisa Jadi Investasi Loh, Ini 4 Tip Merawatnya

4. Bisa mengawasi dari dalam mobil

Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di MobilPexels/mentatdgt

Jika mobilmu dipinjam oleh orang lain, tentu kamu enggak mau jika mobilmu terjadi apa-apa, bukan? Dengan adanya dashcam kamu bisa merekam semua kejadian yang terjadi pada mobilmu saat dipinjam oleh orang lain. Tak hanya dari luar mobil, tetapi dashcam juga bisa diarahkan ke dalam untuk melihat apa saja yang dilakukan peminjam mobil kepada mobilmu.

Ini juga bisa membantu para orang tua yang ingin mengawasi anaknya saat pergi menggunakan mobil. Dashcam bisa membantu mengawasi apa saja yang dilakukan anak di dalam mobil. Bisa juga untuk mengawasi sopir pribadi dalam membawa mobil jika dia melakukan kegiatan yang bukan bagian dari pekerjaannya.

5. Digunakan untuk memantau barang bawaan

Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di MobilPexels/Ethan Jones

Bagi kamu yang suka traveling menggunakan mobil dan membawa banyak barang, terkadang merasa waswas jika barang yang berada di bak mobil rusak atau hilang. Sehingga dengan memasang dashcam yang diarahkan ke muatan yang dibawa mobil bisa membuatmu lebih tenang karena jadi mudah memantaunya. Kamu pun bisa memastikan semua barang yang kamu bawa tidak hilang di jalan hingga sampai ke tujuan.

Ini juga berguna jika kamu pengendara mobil bermuatan seperti truk atau pick up. Kamu bisa memantau muatan yang kamu bawa melalui dashcam agar terhindar dari orang-orang jahil yang melompat naik ke bak kendaraanmu untuk mencuri saat kamu berhenti di lampu merah.

Nah itu tadi kegunaan dashcam di mobil sehingga jika kamu merasa perlu jangan ragu untuk membelinya. Harga yang ditawarkan pun beragam, dengan harga di bawah Rp1 juta kamu sudah mendapatkan dashcam yang mampu merekam setiap kejadian yang terjadi di sekitar mobilmu.

Baca Juga: 9 Desain Toilet Paling Nyeleneh, Entah Apa yang Merasuki Pembuatnya

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya