Comscore Tracker

Cek 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan Agar Tak Rugi Saat Membeli

Mobil bekas tabrakan susah kembali seperti semula

Membeli mobil bekas memiliki berbagai keuntungan. Aalah satunya dengan harga yang cenderung lebih murah dari mobil baru, kamu bisa mendapatkan mobil dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun dalam membeli mobil bekas kamu harus jeli karena kita tidak tahu apa yang terjadi pada mobil tersebut sebelumnya, termasuk apakah mobil pernah mengalami tabrakan atau tidak.

Jika mobil mengalami tabrakan yang parah lalu direparasi, maka tetap akan ada performa yang menurun dan sulit dikembalikan seperti semula. Nah, agar tidak salah beli mobil bekas tabrakan, kamu bisa simak 5 ciri-cirinya di bawah ini.

1. Warna cat mobil ada yang belang

Cek 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan Agar Tak Rugi Saat MembeliPexels/Afta Putta Gunawan

Mobil bekas tabrakan akan mengalami penyok atau pecah di bagian-bagian bodi yang mengalami tabrakan, dan jika sudah direparasi maka akan dilakukan pengecatan ulang pada bagian yang rusak tersebut. Karena tarif pengecatan total seluruh mobil bisa memakan biaya yang cukup banyak, tak jarang orang hanya melakukan pengecatan di bagian yang direparasi saja. Hasilnya catnya pun belang dengan cat yang sebelumnya karena perbedaan jenis cat, faktor pengerjaan yang tak sebaik di pabrik, dan warna cat baru yang lebih berkilau dari cat bawaan mobil yang sudah mulai memudar termakan usia. Jika kamu menemukan mobil dengan cat yang belang, kamu bisa menanyakan ke penjualnya mengapa mobil tersebut dicat ulang.

2. Karet-karet di kap mesin atau bagasi sudah pernah diganti

Cek 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan Agar Tak Rugi Saat MembeliPexels/George Sultan

Kap mesin dan bagasi memiliki karet-karet untuk melindungi bodi saat sedang ditutup. Sedangkan jika bagian itu tertabrak maka karet-karet bisa mengalami kerusakan dan harus dilakukan penggantian.

Jika kamu mengecek ada karet-karet yang terlihat baru pada bagian kap mesin atau bagasi, kamu bisa menanyakan alasan penggantian karet tersebut. Jika masih belum yakin kamu bisa mengecek lebih detail dudukan karet-karet tersebut apakah masih bagus atau ada bekas reparasinya.

Baca Juga: Lagi Cari Mobil? Ini 5 Tips Beli Mobil Bekas Taksi Agar Untung Banyak

3. Bumper memiliki celah yang tidak sama

Cek 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan Agar Tak Rugi Saat MembeliPexels/Skitterphoto

Bumper yang berfungsi untuk melindungi mobil sering menjadi korban paling parah saat terjadi tabrakan. Jika bumpernya sampai rusak parah hingga mengenai bodi mobil lalu diperbaiki, maka biasanya dudukan bumper dengan bodi mobil akan memiliki celah yang tidak sama rata karena bodi penyok setelah tabrakan. Kamu bisa cek celah-celah antara bodi dengan bumper dan bandingkan seksama antara bumper depan dan belakang apakah ada celah yang sama rata atau tidak.

4. Tulang rangka mobil ada bekas las

Cek 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan Agar Tak Rugi Saat MembeliPexels/Danial Abdullah

Salah satu cara memperbaiki mobil yang penyok akibat tabrakan adalah dengan mengelas tulang dan rangkanya. Karena jika tulang dan rangka ini tidak dibetulkan maka bodi mobil tidak akan terpasang sempurna dan membuat mobil menjadi tidak aman dikendarai.

Kamu bisa memeriksa tulang-tulang dan rangka mobil apakah ada bekas las atau tidak. Periksa juga pilar-pilar di samping mobil untuk mengecek mobil pernah tertabrak dari samping atau tidak. Bekas las akan terlihat kehitaman atau berusaha ditutupi dengan cat namun lelehan besi bekas las biasanya akan tetap terlihat.

5. Setir mobil terasa tak stabil saat dikendarai

Cek 5 Ciri Mobil Bekas Tabrakan Agar Tak Rugi Saat MembeliPexels/Lisa Fotios

Mobil bekas tabrakan akan memiliki bodi yang kurang sempurna sehingga berdampak saat mobil dikendarai. Cobalah mengendarai mobil dengan kecepatan hingga 60 km/jam dan rasakan pergerakan mobil. Jika mobil terasa oleng dan sulit dikendalikan, kamu patut menanyakan hal itu kepada penjual.

Memilih mobil bekas memang perlu ketelitian, apalagi jika mobil bekas tabrakan. Mobil bekas tabrakan yang sebaiknya dihindari adalah mobil bekas tabrakan yang parah hingga merusak ke rangka dan sistem penting mobil lainnya sehingga membahayakan, namun jika mobil bekas tabrakan ringan yang hanya merusak bumper dan tak sampai membuat bengkok rangka, maka itu tak terlalu menjadi masalah.

Baca Juga: 5 Tips Pakai Mobil Matic Agar Bahan Bakar Tidak Boros

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya