Comscore Tracker

5 Tips Ini Bisa Cegah Kecelakaan saat Berkendara

Ngemil bisa untuk menghindari kebosanan saat berkendara

Agar terhindar dari kecelakaan di jalan, berkendara yang aman wajib dilakukan oleh setiap pengendara mobil. Jangan sampai karena kehilangan fokus saat berkendara, kamu bisa mencelakakan diri kamu sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Untuk menghindari kejadian yang dapat berakibat buruk, kamu bisa ikuti langkah-langah ini.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi Jahe

1. Sesuaikan posisi duduk sebelum berkendara

5 Tips Ini Bisa Cegah Kecelakaan saat BerkendaraPexels/Mike

Sangat penting untuk menyamankan posisi duduk sebelum mulai berkendara. Kamu bisa menyesuaikan posisi jok mobil agar kaki kamu bisa menginjak pedal dengan nyaman saat berkendara. Selain itu posisikan juga kemudi agar kamu bisa berbelok dengan nyaman. Pastikan masih ada sudut di siku tangan kamu agar bisa mengendalikan kemudi dengan nyaman.

Selain itu, atur spion baik luar maupun dalam dengan baik. Pastikan spion dalam mengarah ke bagian kaca belakang mobil sehingga kamu bisa melihat kendaraan yang berada tepat di belakang mobilmu. Sedangkan spion samping harus bisa mengakomodasi bagian yang tidak terlihat dari kaca spion dalam. 

Fungsi kaca spion luar adalah perpanjangan jarak pandang dari spion dalam, sehingga jika kamu masih melihat objek yang sama dengan spion dalam, maka spion luarmu perlu dibuka lebih lebar lagi agar bisa melihat objek lebih luas.

2. Nyalakan radio atau musik yang cocok untuk berkendara

5 Tips Ini Bisa Cegah Kecelakaan saat BerkendaraPexels/Breakingpic

Menyalakan radio atau musik bisa membuatmu tetap terjaga dan menghindari kebosanan saat sedang menyetir. Radio bisa menjadi pilihan jika kamu menyetir sendirian karena suara dari penyiar radio bisa membuatmu merasa ada teman yang menemanimu berkendara.

Sedangkan jika memilih untuk mendengarkan musik, maka pilihlah musik yang sesuai dengan kondisi dan waktu perjalanan. Untuk perjalanan di siang hari di kala macet, musik lembut seperi jazz, klasik, atau pop bisa membuatmu lebih rileks.

Sedangkan jika suasana cukup hening atau sedang berkendara di tengah malam, mendengarkan musik yang cenderung keras dan bertempo cepat seperti rock, metal, atau elektronik bisa membangkitkan energimu agar tidak mengantuk dan lelah.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!

3. Jangan bermain ponsel saat sedang berkendara

5 Tips Ini Bisa Cegah Kecelakaan saat BerkendaraPexels/Hassan OUAJBIR

Menggunakan ponsel saat berkendara sungguh sangat berbahaya. Taruh ponselmu, dan jangan gunakan sama sekali saat berkendara. Jika kamu harus menelepon atau membalas pesan, tepikan dulu kendaraanmu lalu selesaikan keperluan berponselmu sebelum melanjutkan berkendara.

Jika kamu memutusukan untuk membuka ponsel saat lampu merah, sebaiknya pastikan lampu merahnya masih lama sehingga kamu tidak membuat kendaraan di belakang kamu menunggu kamu siap untuk berkendara kembali karena terlalu lama bermain ponsel sedangkan lampu sudah hijau.

Hindari juga merekam video untuk konten di sosial media karena itu sangat berbahaya. Fokusmu akan terbagi sehingga perhatianmu ke jalan akan terganggu dan bisa menyebabkan kecelakaan.

4. Jika berkendara bersama orang lain, hindari percakapan yang bisa menimbulkan emosi

5 Tips Ini Bisa Cegah Kecelakaan saat BerkendaraUnsplash/Brian Erickson

Mengobrol saat  berkendara memang menyenangkan. Banyak obrolan seru terjadi saat berada di dalam mobil. Namun jangan sampai obrolan mengarah ke pertengkaran seperti biasa terjadi saat berkendara dengan pasangan. Kamu yang terbawa emosi bisa melampiaskan emosi ke gaya berkendaramu, sehingga bisa membahayakan karena berkendara dalam emosi cenderung akan membawa mobil secara ugal-ugalan. Jika terlanjut terbawa emosi, berhenti dulu untuk menenangkan diri dan lanjutkan kembali jika kamu sudah yakin bahwa kamu sudah tidak terbawa emosi lagi.

5. Bawa cemilan dan air minum saat berkendara

5 Tips Ini Bisa Cegah Kecelakaan saat BerkendaraVerywellfit.com

Ngemil bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kebosanan saat berkendara. Cemilan yang mudah kamu makan sambil berkendara agar tetap fokus saat berkendara jangan lupa wajib kamu bawa. Makanan itu bisa menghindarkan kamu dari kantuk karena jadi memiliki aktifitas lain yang bisa meningkatkan fokus namun tetap tidak mengganggu saat berkendara.

Bagi yang tidak suka ngemil, permen karet bisa menjadi solusi karena juga bisa membuatmu tetap fokus saat berkendara. Air minum juga perlu kamu sediakan di dalam mobil agar tetap terhidrasi dan konsentrasi.

Nah itu tadi 5 langkah yang bisa kamu lakukan agar dapat berkendara secara aman dan terhindar dari risiko kecelakaan. Semoga bermanfat dan stay safe, ya.

Baca Juga: Nyeleneh Kebangetan, 10 Potret Kendaraan Anti Banjir Bikin Tepok Jidat

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya