Comscore Tracker

5 Merek Mobil dengan Desain Ikonik, Mudah Dikenali di Jalan

Karakter mobil ini kuat banget, gak bakal keliru mengenali

Setidaknya ada 60 pabrikan mobil yang meramaikan pasar otomotif dunia, dan ada 2 ribu pabrik independen yang juga memproduksi mobil pada 2021. Meski begitu, gak banyak mobil produksi massal yang memiliki desain berkarakter. 

Pabrikan otomotif yang disebutkan di bawah ini punya mobil dengan desain yang ikonik. Mereka selalu mempertahankan identitas yang jadi ciri khasnya. Apa saja?

1. Rolls-Royce 

5 Merek Mobil dengan Desain Ikonik, Mudah Dikenali di Jalanhistorics.co.uk

Satu kata terlintas ketika Rolls-Royce melintas di jalanan: Sultan. Mungkin kata ini bahkan masih belum cukup untuk mendeskipsikan kemewahan dan eksklusivitas dari sebuah Rolls-Royce.

Terlepas dari harga tinggi yang dipatok untuk sebuah Rolls-Royce, mobil ini menawarkan konfigurasi mesin luar biasa, fitur tercanggih di kelasnya, material terbaik, dan tentunya kesan prestigius yang tidak ternilai harganya.

Dari model pertama yang diproduksi pada 1904, Rolls-Royce masih erat dengan dimensi yang relatif lebih besar dari mobil kebanyakan. Sistem bukaan pintu yang terbalik, grill besar dan mewah, serta lambang "Spirit of Ecstasy". Itu semua hanya sebagian dari identitas yang dipertahankan oleh mobil ikonik para 'Sultan' ini.

2. MINI

5 Merek Mobil dengan Desain Ikonik, Mudah Dikenali di JalanMINI (bmwgroup.com)

Pernah mendengar slogan "Fun to Drive" atau "Gokart Feel"? Ya, selain dikenal sebagai mobil Mr. Bean, MINI juga dikenal sebagai salah satu mobil paling menyenangkan untuk dikendarai. Dengan dimensi compact dan setelan kemudi yang baik, MINI menjadi mobil paling dicintai dunia.

Saking dicintainya, pencinta mobil Inggris di bawah naungan BMW Group ini dikabarkan mengkritik MINI karena mengubah desain mobilnya menjadi terlalu modern pada generasi terbarunya, lho!

Menjadi ikon fungky, bebas, dan berjiwa muda, MINI berhasil mempertahankan bentuk desain yang sama selama lebih dari 60 tahun. Headlamp bulat besar dan bodi yang terinspirasi dari salah satu ikon negara Inggris yaitu Bulldog, menjadi sebagian kecil identitas paling 'MINI' yang bisa kamu lihat.

Baca Juga: 8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib Diperhatikan

3. Land Rover (Range Rover)

5 Merek Mobil dengan Desain Ikonik, Mudah Dikenali di Jalanpetrolicious.com

Dijual oleh Ford Motor Company kepada TATA Motor pada 2008 silam, nyatanya berpindah tangan tidak membuat identitas sebuah Land Rover berubah.

Salah satu model paling ikonik Land Rover adalah Range Rover, mobil offroad paling eksklusif yang pernah diproduksi secara massal. Dipasarkan pertama kali pada 1970, semua model Range Rover memiliki desain yang cenderung besar, menyudut, dan kaku.

Range Rover juga dikenal sebagai mobil yang fleksibel, karena siapa sangka mobil yang terlihat cantik nan elegan ini bisa menjadi buas di medan offroad.

Dari generasi pertama hingga yang terbaru, sangat mudah untuk mengenali Range Rover di jalanan. Mulai dari Range Rover Vogue, Sport, Velar, hingga Evoque, semuanya memiliki garis desain yang sama.

4. Jeep 

5 Merek Mobil dengan Desain Ikonik, Mudah Dikenali di Jalanhiconsumption.com

Kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan Jeep dalam daftar ini. Mobil yang mulai dikenal pada pertengahan Perang Dunia ke-2. Berawal dari permintaan Angkatan Darat Amerika Serikat yang membutuhkan kendaraan pengintai berpenggerak empat roda untuk kebutuhan perang. Jeep menjadi salah satu ikon mobil offroad tangguh.

Di Indonesia, Jeep juga dikenal sebagai mobil 'Tentara'. Mudah untuk mengenali Jeep, desain bergaya militer dengan struktur bodi yang tidak ditutup-tutupi menjadi ciri khas dari sebuah Jeep.

Saking ikoniknya, model mobil dari merek apapun yang memiliki garis desain menyerupai mobil ini akan disebut 'Jip' atau Jeep, menarik bukan?

5. Tesla 

5 Merek Mobil dengan Desain Ikonik, Mudah Dikenali di Jalanteslarati.com

Sebagai pionir mobil listrik dan penanda era baru dalam industri otomotif, Tesla juga menjadi salah satu mobil dengan desain yang cukup ikonik.

Menariknya jika melihat sebuah Tesla, pencinta otomotif akan melihat sebuah mobil mainan yang dibuat bentuk nyatanya dan bukan sebaliknya. Bagaimana tidak, desain mobil Tesla terlihat sangat dinamis, modern, simple, dan solid layaknya mobil mainan. Terlebih mobil buatan Tesla tidak memiliki lubang-lubang pembuangan dan grill besar untuk mendinginkan mesin layaknya mobil konvensional.

Tak tanggung-tanggung, Tesla kerap melengkapi mobil buatannya dengan fitur-fitur canggih seperti bukaan pintu sayap ke atas, kaca depan mobil yang menyatu hingga ke atap, dashboard minimalis, tidak ada tombol mekanik sama sekali, dan masih banyak lagi.

Meski tidak sedikit yang mengkritik desain sederhana Tesla, namun mobil buatanya mampu memberi penyegaran dalam industri otomotif yang sudah lama didominasi oleh 'pemain' lama.

Dengan karakter desain yang ikonik, tak heran jika mobil di atas diincar orang sebagai representasi identitas sang pemilik. Kalau kamu, paling suka yang mana, nih?

Baca Juga: 3 Alasan Mobil Hatchback Jadi Favorit Millennials untuk Berkendara

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Aryo Phramudhito di IDN Times Community dengan judul 5 Merek Mobil yang Punya Desain Ikonik, Sekali Lihat Pasti Terpikat 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya