Comscore Tracker

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib Diperhatikan

Perhatikan kondisinya agar mesin mobilmu awet

Ketika membuka kap mobil, kamu tidak hanya menemukan mesin. Ada pula sejumlah komponen pendukung yang memastikan mesin bisa menyala dan berfungsi dengan baik.

Lantas, bagian-bagian apa saja yang penting untuk kamu perhatikan? Yuk, simak deretan komponen penting pada mobil berikut ini!

1. Radiator 

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanIlustrasi radiator mobil (Limitlesstouch.com)

Radiator memegang peran yang krusial. Fungsinya untuk mendinginkan mesin. Sistem pendingin ini bertugas menjaga suhu mesin saat mobil melaju. Hal ini bertujuan agar mesin tidak overheat saat melakukan pembakaran.

Pada mobil yang menyala, terjadi pembakaran pada mesin. Ini akan menyebabkan suhu yang tinggi. Dalam mengatasi masalah ini diperlukan sistem pendingin yang disebut radiator.

2. Tabung radiator

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanIlustrasi tabung radiator (IDN Times/Dwi Agustiar)

Tabung radiator ini berisi air cadangan radiator. Berbentuk seperti tabung plastik air wiper namun dengan fungsi yang berbeda yaitu untuk menjaga sistem pendinginan mobil supaya bekerja optimal. Kita bisa cek air radiator melalui tabung ini, segera isi ketika habis.

Yang satu ini bakal membantu fungsi radiator. Tanpa komponen ini, radiator tidak bisa berjalan dengan semestinya. Selalu perhatikan bagian ini ya.

3. Filter mesin

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanFilter udara mobil (roadloans.com)

Filter berfungsi menyaring udara yang masuk ke mesin pada saat pembakaran. Dengan adanya filter, debu dan kotoran tidak akan masuk ke dalam mesin mobil. Mesin mobil akan tetap bersih dan awet. Bagian ini harus diperhatikan, apabila kotor boleh dibersihkan.

Cara membersihkannya harus benar ya, jangan sampai merusak filternya. Filter ini juga sebaiknya diganti setelah 20 ribu km. 

4. Minyak rem  

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanVelg racing warna hitam (pexels/Erik Mclean)

Minyak rem ditempatkan pada sebuah tabung. Minyak rem memang tidak terlalu dikenal, namun memiliki fungsi penting. Minyak rem berfungsi memberi pelumas pada komponen logam seperti cakram dan kampas. Wajib diganti tiap 20.000 km. Alasannya, meskipun di tempat yang sangat tertutup, tetap saja ada kelembapan sehingga berpotensi muncul air di dalam minyak rem

Rem memegang peran penting dalam kendaraan, bayangkan jika mobil tanpa rem. Apa jadinya? Oleh karena itu agar tetap berfungsi dengan baik harus dirawat, salah satu cara merawat yaitu dengan mengganti minyak rem secara periodik. Jangan sampai terjadi rem blong yang berakibat fatal.

Baca Juga: 5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum Celaka

5. Aki  

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanAki mobil (IDN Times/Dwi Agustiar)

Aki berkaitannya dengan masalah kelistrikan. Semua kelistrikan yang ada pada mobil bersumber dari aki. Dilansir dari showroommobil, ada fungsi lain dari aki yaitu sebagai penyimpan energi, Menyalurkan energi ke starter, menyalurkan energi ke sistem perapian, menyalurkan energi ke lampu, AC, dan komponen lain. Tanpa aki. mobil kamu tidak bisa jalan tuh.

Aki ada beberapa jenis, ada aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid, aki gel. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, sesuaikan dengan kebutuhan. Aki gel merupakan aki dengan teknologi terbaru lebih ramah lingkungan.

6. Kotak sekring

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanGambar mesin mobil (pexels/Pixabay)

Kotak yang berisi kumpulan sekring. Fuse box atau kotak sekring termasuk bagian penting karena menjadi tempat perpindahan arus listrik sekaligus pengaman sistem kelistrikan kendaraan.

Seiring bertambahnya usia kendaraan, kotak sekring dapat menjadi hal yang fatal. Biasanya kotak sekring berada di ruang mesin, tapi ada juga yang di bagian bawah dasbor sisi pengemudi.

7. ABS  

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanBagian interior mobil (pexels/pixabay)

ABS adalah singkatan dari Anti Lock Braking System. ABS berperan sebagai pengatur sistem pengereman. Adanya ABS membuat mobil mudah untuk dikendalikan. Jika mobil tidak dilengkapi sistem ABS Ketika pengereman mendadak, keempat roda akan terkunci.

Ini tentu akan sulit dalam mengendalikan mobil. Adanya ABS juga dapat mengurangi risiko kecelakaan. Tak hanya mobil, motor juga sudah dilengkapi dengan sistem ABS.

8. Washer

8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib DiperhatikanPria membersihkan mobil Suzuki Swift (pexels/Sleepi Alleyne)

Washer berisi air untuk wiper. Fungsi wiper sendiri adalah membersihkan kaca mobil, sehingga pandangan pengemudi tidak terhalang. Wiper dan washer dikontrol dengan baterai atau aki. Wiper berperan penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Berikut tips untuk merawat mobil, biar performanya tetap maksimal: 

  • Rutin mengganti oli antara 5 ribu-10 ribu kilometer, jika tidak diganti, bisa terjadi gesekan berlebihan pada mesin, bisa bahaya.
  • Dipanaskan secara rutin, apabila mobil jarang digunakan. Jika tidak biasanya membuat kerusakan pada aki. Cukup 10 sapai 15 menit saja.
  • Air radiator harus tetap terisi, cek juga kampas kopling.

Nah, itulah beberapa komponen penting di balik kap mobil yang sebaiknya kamu perhatikan secara rutin. Kalau terawat, mesin juga bakal awet!

Baca Juga: Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah Pilih

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Albert Hermawan di IDN Times Community dengan judul 8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil, Biar Gak Bingung

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya