Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!

Nomor 3 penting banget nih, banyak yang gak melakukan!

Mobil menjadi alat transportasi impian bagi banyak orang. Apalagi, jika kota tempat tinggalmu gak memiliki moda transportasi massal yang nyaman dan dapat diandalkan. Membeli mobil pun semakin mudah, apalagi dengan adanya jenis low cost green car (LCGC) yang terjangkau kantong, terutama bagi yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya.

Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan sebelum membeli mobil pertamamu. Jangan sampai mengabaikan hal-hal berikut, ya!

1. Belajar mengendarai mobil

5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!unsplash.com/@jfeiber

Ingin punya mobil, tapi tidak bisa mengendarainya? Lantas untuk apa kamu membeli mobil? Maka dari itu, sebaiknya kamu belajar mengendarai mobil terlebih dahulu agar mobil yang kamu beli tidak teronggok sia-sia di garasi. 

Kamu dapat mengikuti kursus mengemudi yang tersedia di kotamu. Lewat kursus, kamu akan memperoleh materi dasar mengemudi, termasuk tanjakan, parkir, dan melewati jalan sempit. 

2. Memiliki SIM A

5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!unsplash.com/@laugariglio

Surat Izin Mengemudi (SIM) A menjadi syarat mutlak untuk mengemudi mobil sendiri. Oleh karena itu, bagi yang sudah berencana membeli mobil, sebaiknya kamu memiliki SIM terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil. Dengan memiliki SIM, berarti menandakan kamu sudah paham akan peraturan lalu lintas dan layak mengendarai kendaraan bermotor. 

Jika kamu tidak memiliki SIM A, menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, maka kamu dapat dipidana paling lama 4 bulan dan denda paling banyak Rp1.000.000. 

Baca Juga: Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!

3. Tempat parkir mobil di rumah

5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!unsplash.com/@johnpaulsen

Buat kamu yang ingin membeli mobil apakah sudah mempersiapkan tempat parkir kendaraan di rumah? Kalau belum, sebaiknya siapkan dahulu tempat parkir mobil di rumah kamu.

Mobil tanpa tempat parkir sama saja seperti manusia tanpa rumah, oleh karena itu siapkan dahulu tempat parkir pribadi yang nantinya akan menjadi rumah bagi mobil kamu. Jangan sampai kamu parkir sembarangan tempat, karena akan mengganggu banyak orang.

Buat kamu yang tidak punya lahan luas untuk tempat parkir, kamu jangan bingung. Karena sekarang banyak ko tempat parkir untuk mobil yang disewakan.

4. Biaya perawatan mobil

5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!unsplash.com/@kpzhnv

Sebelum membeli mobil, kamu juga perlu siapkan segala macam biaya yang akan dikeluarkan untuk merawat mobil kesayangan kamu. Dengan membeli mobil berarti kamu juga harus siap untuk merawatnya.

Biasanya perawatan mobil dilakukan satu bulan sekali. Maka dari itu, sebelum memiliki mobil, sebaiknya kamu juga harus persiapkan keuangan untuk memenuhi biaya perawatan mobil.

Memiliki mobil bagus tapi tidak terawat malah akan menyusahkan kamu di kemudian hari. oleh karena itu rawatlah mobil kamu sebagaimana mestinya.

5. Mempersiapkan asuransi mobil

5 Hal Ini Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Mobil Pertama!unsplash.com/@kellysikkema

Selain mempersiapkan biaya perawatan untuk mobil, kamu juga harus mempersiapkan asuransi untuk mobil yang kamu punya. Memiliki asuransi untuk mobil adalah hal yang paling penting buat para pemilik mobil.

Jika suatu ketika kamu mengalami masalah, misalnya seperti kehilangan mobil atau insiden yang tidak diinginkan terhadap mobil, kamu bisa mengklaimnya dengan asuransi yang kamu miliki.

Nah, kamu yang saat ini berniat membeli mobil pertama, apakah sudah mempersiapkan hal-hal di atas? Semua demi keamanan dan kenyamananmu berkendara, kok!

Baca Juga: Mungil Tapi Lincah, 5 Mobil Hatchback dengan Harga di Bawah Rp50 Juta

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Akbar Hendriana Putra di IDN Times Community dengan judul Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya