Comscore Tracker

5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum Celaka

Besar risikonya jika ditunda-tunda

Jakarta, IDN Times - Sejumlah bagian pada mobil sangat mempengaruhi keamanan dan keselamatan berkendara. Salah satunya adalah ban. Bagian yang bergesekan langsung dengan aspal ini akan aus seiring waktu, sehingga mesti diganti secara berkala.

Lantas, apa saja tanda-tanda ban mobilmu sudah wajib diganti? Setidaknya kamu bisa mengecek lima ciri berikut ini.

1. Ban sudah mulai gundul

5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum CelakaPexels/Gerd Altmann

Ban memiliki ulir yang akan terkikis. Ketika terus dipakai, ulir pada ban akan semakin halus atau gundul. Ban yang gundul bisa menyebabkan selip dan ini menjadi berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Perhatikan, apakah ban mobil kamu sudah mulai gundul di bagian tengah atau sisi lainnya. Jika ya, maka harus diganti secepatnya. Ini karena ketebalan ban sudah tidak lagi seragam.

2. Umur ban sudah lebih dari 3 tahun

5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum CelakaPexels/Andrea Piacquadio

Ban mobil terbuat dari karet yang lentur. Seiring berjalannya waktu, kelenturan dari karet ban akan berkurang. Jadi, ban mobil tetap mempunyai batas umur. Idealnya ban mobil berada dalam kondisi yang prima hingga mencapai usia 3 tahun.

Setelah itu, elastisitas dari karet ban akan mulai berkurang dan tidak memberikan kenyamanan yang optimal saat digunakan lantaran sudah mulai mengeras.

Baca Juga: 3 Kelebihan Rem Tromol Dibanding Cakram, Jadul tapi Bandel

3. Jarak tempuh mencapai 40 ribu km

5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum Celakaunsplash.com/Tekton

Bila usia ban belum mencapai 3 tahun atau lebih, ban mobil perlu diganti saat sudah mencapai jarak 40.000 km. Ini menunjukan jika ban mobil sering digunakan untuk perjalanan jauh atau dengan intensitas yang cukup sering.

Sebelumnya sudah dijelaskan jika elastisitas ban mobil akan berkurang seiring dengan waktu dan pemakaian. Ban yang sering mengalami gesekan dengan aspal akan cepat mengalami keausan. 

4. Ketebalan ban mencapai batas TWI

5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum CelakaPexels/kopriva

TWI merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator, artinya tanda ini berfungsi sebagai batas keausan ban yang direkomendasikan. Jika sudah mencapai segitiga TWI, maka ban mobil sudah harus diganti. Ada dua posisi indikator TWI yang bisa kamu temukan, yaitu di bagian tengah telapak dan tepi ban. 

5. Terdapat benjolan pada ban

5 Tanda Ban Mobil Sudah Wajib Diganti, Jangan Ditunda Sebelum CelakaKode ban (mobilmo.com)

Benjolan pada ban menjadi tanda bahwa terdapat anyaman atau kawat penguat konstruksi ban yang sudah putus. Jika kamu melihat ada benjolan pada ban, segera ganti ban tersebut. Ini dikarenakan ketahanan dari ban milikmu sudah tidak lagi seragam. Benjolan ini bisa terjadi karena tekanan angin yang kurang dari standar yang sudah ditetapkan. 

Nah, jika tanda-tanda di atas kamu temukan pada ban mobilmu, segeralah untuk menggantinya. Jangan ditunda karena risikonya besar!

Baca Juga: Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah Pilih

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya