Comscore Tracker

Mobil Made In Tiongkok Serbu Indonesia, Morris Garage Susul Wuling

Morris Garage juga bangun pabrik

Jakarta, IDN Times - Pasar mobil Tanah Air kembali diramaikan dengan mobil asal Tiongkok. Morris Garage (MG) akan masuk ke Indonesia, setelah sebelumnya Wuling dan DFSK sudah mengaspal terlebih dahulu. Bahkan brand asal Inggris yang kini dibeli perusahaan Tiongkok ini akan hadir dalam waktu dekat.

Rencananya, MG akan diperkenalkan pertama kali saat gelaran Indonesia Internasional Motor Show 2020 di JI EXPO Kemayoran, Jakarta Pusata, April mendatang. 

Baca Juga: Menilik Mobil-mobil Russia, Gak Kalah Sama Mobil Jerman dan Jepang!

1. Morris Garage akan memboyong SUV

Mobil Made In Tiongkok Serbu Indonesia, Morris Garage Susul Wulingsaicmotor.com/

Morris Garage dikabarkan akan membawa dua SUV ke Tanah Air, yakni MG ZS dan HS. Dua mobil ini berjenis sport utility vehicle (SUV) yang memang sedang digemari publik tanah air. Oya, Morris sendiri kini telah bergabung ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Baca Juga: Masuk ke Indonesia, Morris Garage Impor 50 Mobil untuk Perkenalan

2. DFSK semakin eksis

Mobil Made In Tiongkok Serbu Indonesia, Morris Garage Susul Wulingantaranews.com

Sementara pemain lain dari Tiongkok adalah DFSK. Mereka memiliki lineup mobil lumayan lengkap, dari mulai SUV, MPV, dan Super Cab. Sama seperti Wuling, DFSK juga telah membangun pabrik di Indonesia.

PT Sokonindo Automobile (DFSK) memiliki pabrik di Cikande, Serang, Banten. Pabrik ini mampu memproduksi 50 ribu unit per tahun. Pabrik DFSK di Indonesia saat ini memproduksi Super Cab, Glory 580, dan Glory 560.

Baca Juga: Morris Garage Segera Mengaspal di Indonesia, Satu Induk dengan Wuling

3. Wuling bahkan sudah menyuntikkan dana Rp9,3 triliun

Mobil Made In Tiongkok Serbu Indonesia, Morris Garage Susul WulingIDN Times/Yohanes Nugroho

Wuling yang mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2015, telah meluncurkan 3 varian, yakni Confero S, Cortez, dan Almaz. Perusahaan itu konsisten menghadirkan kenyamanan berkendara untuk keluarga.

Bahkan saat ini produsen mobil PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) telah menyelesaikan pembangunan pabriknya di Indonesia. Pabrik yang terletak di Cikarang, Jawa Barat telah memiliki 112 dealer di seluruh Indonesia, bahkan keseriusan Wuling tak main-main dengan menyuntikan dana investasi sebesar Rp 9,3 triliun.

Wuling mengandalkan 15 pemasok komponen internsional dan 20 pemasok lokal demi melancarkan bisnisnya. Wuling mematok harga produknya antara Rp150 juta hingga Rp280 juta.

Masuknya merek-merek mobil asal negeri panda itu bakal membuat persaingan pasar mobil di Tanah Air kian ketat. Nah dari persaingan itu tentunya konsumen yang akan diuntungkan!

Baca Juga: Kerja Sama dengan Wuling, Bali United Kini Genap Punya 30 Sponsor!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya