Comscore Tracker

Jadi Mobil Hatchback, Apa Bedanya Honda City RS dengan Jazz?

City Hatchback RS hadir untuk gantikan Jazz

Jakarta, IDN Times - Honda City yang awalnya adalah sedan, kini terlahir kembali sebagai hatchback, yang dinamai City Hatchback RS. Mobil ini turut menggantikan hatchback Honda yang lebih dulu populer, Jazz, yang disuntik mati pada saat yang sama.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengharapkan City terbaru ini mampu menggantikan Jazz yang melegenda. Tentu saja, ini bukan tugas yang mudah, mengingat Jazz sudah mengaspal selama 17 tahun sejak 2003 silam.

Lantas, seperti apa perbedaan antara City Hatchback RS dengan Jazz? Sebagai penggantinya, apa keunggulan yang ditawarkan City dibanding Jazz?

1. Sama-sama hatchback tapi beda bahasa desain

Jadi Mobil Hatchback, Apa Bedanya Honda City RS dengan Jazz?Honda Indonesia

Meski sama-sama berjenis hatchback, Jazz dan City Hatchack memiliki bahasa desain yang sediktit berbeda. Ini bisa dimaklumi karena City sejatinya adalah sebuah sedan. Sementara Jazz sudah ditakdirkan menjadi hatchback sejak kelahirannya.

Karena City masih mengusung DNA sedan, maka kap mesin hingga atap mobil terlihat lebih landai dibandingkan Jazz. Tapi perbedaan ini tidak terlalu signifikan, bagi dari segi desain maupun fungsi. 

Baca Juga: Cara Memakai AC Mobil Tanpa Bikin BBM Boros, Terapkan, Yuk!

2. Sektor mesin berbeda

Jadi Mobil Hatchback, Apa Bedanya Honda City RS dengan Jazz?Honda Jazz/global.honda

Perbedaan lain ada pada mesin. Meski sama-sama menggendong mesin 1.500 cc, tapi mesin Honda City Hatchback RS lebih advance karena dibekali teknologi Double Overhead Camshaft (DOHC).

Alhasil, tenaganya lebih besar, yakni 119,3 Hp. Sementara tenaga maksimal yang bisa disemburkan Jazz generasi terakhir sebesar 118,3 Hp. Lebih kecil, tapi tidak terlalu signifikan.

3. Perbedaan image

Jadi Mobil Hatchback, Apa Bedanya Honda City RS dengan Jazz?Honda City Hatchback meluncur di Jawa Tengah dan DIY. Dok. Honda Semarang Center

Honda City sebelumnya dikenal sebagai sedan. Karena itu asosiasinya adalah kenyamanan kabin, kekedapan, serta kemewahan seperti yang umumnya ditawarkan sebuah sedan.

Sementara hatchback lebih cenderung untuk mereka yang menginginkan mobil praktis dan gesit. Sehingga, ketika City diubah menjadi hatchback, maka tugas berat menantinya, yakni mengubah image sedan yang nyaman menjadi mobil sporty yang lincah.

Menurutmu, bisakah City Hatchback RS menggantikan Jazz yang legendaris? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Mobil Lawas Tetap Tangguh di Jalan Raya, Pesonanya Tak Luntur 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya