Comscore Tracker

Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah Pilih

Beda bahan, beda pula peruntukannya

Jakarta, IDN Times - Salah satu cara untuk melindungi mobil dari debu adalah menggunakan selimut atau cover mobil. Selain itu, cover juga berfungsi menjaga cat mobil dari paparan sinar matahari maupun goresan. 

Ada banyak pilihan cover mobil di pasaran. Namun, sebelumnya ada baiknya kamu mengetahui bahan dasar pembuatan cover agar kamu gak salah pilih. Berikut lima bahan cover mobil lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: Bahaya, 5 Jenis Barang Ini Tak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil!

1. Bahan PVC

Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah PilihUnsplash/Frederik Højfeldt

Kalau mendengar kata PVC yang terbayang sering kali adalah paralon atau pipa air. Gak salah, sih. Namun PVC ternyata juga bisa dijadikan bahan untuk cover mobil.

Kelebihan cover mobil dengan bahan PVC ada pada kekuatannya. Selain tahan sengatan matahari, bahan ini juga waterproof, loh. Sehingga bisa digunakan untuk outdoor.

Di pasaran, harga cover mobil berbahan PVC antara Rp300-500 ribu.

2. Bahan parasut

Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah Pilihweathertech.ca

Bahan lain yang umum digunakan untuk cover mobil adalah parasut. Ciri cover mobil berbahan parasut adalah tipis dan ringan.

Cover jenis ini sebaiknya hanya digunakan untuk menutupi mobil di dalam ruangan. Sangat tidak disarankan untuk mobil di luar ruangan.

Sebab bahan parasut tidak antiair dan jika tersiram air bahan ini akan menempel pada bodi mobil. Selain itu bahannya yang ringan juga mudah diterbangkan angin.

Karena itu harga cover mobi berbahan parasut biasanya lebih murah dari cover mobil berbahan PVC.

3. Bahan taslan

Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah PilihUsplash/whereslugo

Cover mobil berbahan taslan lebih berkualitas dibandingkan parasut. Sebab bahan taslan lebih tebal dan lebih antiair. Selain itu pilihan warnanya juga banyak, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan warna mobilmu.

Harga cover mobil berbahan taslan ini biasanya tidak terpaut jauh dari cover mobil berbahan PVC. Oya, cover berbahan taslan ini juga cocok untuk menutupi mobil yang diparkir di ruang semi outdoor.

4. Cover mobil Krisbow

Perbedaan Cover Mobil Berdasarkan Bahannya, Jangan Salah PilihUnsplash/Nathan Van Egmond.JPG

Di antara semua cover mobil di atas, cover Krisbow mungkin yang terbaik. Sebab, selain mampu menahan air secara sempurna, cover bermerek Krisbow ini juga dilapisi bahan yang lembut sehingga tidak akan menggores cat mobil.

Tak mengherankan jika harganya jauh di atas ketiga cover mobil di atas. Ada harga, ada rupa.

Itu dia jenis-jenis cover mobil berdasarkan bahannya. Masing-masing memiliki kualitas dan peruntukan yang berbeda. Kamu pilih yang mana?

Baca Juga: 5 Masalah Ini Sering Dialami Mobil LCGC, Simak Cara Mengatasinya!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya