Comscore Tracker

4 Alasan Mengapa Mobil Diesel Dibanderol Lebih Mahal

Mesin diesel dikenal tangguh dan andal

Mesin diesel identik dengan ketangguhan dan performa mesin yang andal. Itulah mengapa mobil diesel memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan mobil bensin. Meski dibanderol dengan harga yang lebih mahal, mobil-mobil ini tetap digemari.

Namun, apa sebenarnya penyebab mobil diesel lebih mahal dibandingkan mobil bensin? Berikut beberapa alasannya.

1. Material mesin yang lebih kokoh

4 Alasan Mengapa Mobil Diesel Dibanderol Lebih Mahalmobi123.com

Hal yang paling utama adalah pemilihan material produksi. Karena memiliki kompresi yang lebih tinggi, mobil diesel harus menggunakan material yang kuat.

Oleh sebab itu, mobil diesel biasanya menggunakan material baja untuk mesinnya, agar suhu ruang bakar tidak terlalu panas dan dapat membakar solar dengan maksimal.

2. Tambahan turbo untuk memaksimalkan peforma

4 Alasan Mengapa Mobil Diesel Dibanderol Lebih Mahaldieselnet.com

Karena memiliki komponen yang cukup berat, mobil diesel juga menyematkan turbocharger. Turbo adalah sistem induksi "paksa" yang mengkompres udara yang mengalir ke dalam mesin.

Alat ini membuat lebih banyak udara yang akan tercampur dengan bahan bakar, dan pada akhirnya akan meningkatkan performa.

Baca Juga: Anti Mogok, 5 Mobil Ini Terbukti Mampu Melibas Banjir Jakarta

3. Menawarkan perfoma apik

4 Alasan Mengapa Mobil Diesel Dibanderol Lebih Mahalcaradvice.com.au

Dari segi peforma mobil diesel juga memberikan kekuatan yang cukup mumpuni. Mobil diesel sudah bisa mendapatkan m torsi maksimumnnya di angka 2 ribu RPM.

Selain itu, diesel pun tergolong cukup membantu untuk kondisi macet terutama di saat mobil harus berjalan dengan kondisi stop and go. Karena tingkat pengapiannya juga tinggi, maka efisiensi BBM pun bagus.

4. Biaya perawatan lebih mahal

4 Alasan Mengapa Mobil Diesel Dibanderol Lebih Mahalhotcars.com

Dari segi perawatannya, mobil diesel juga akan menguras banyak biaya, karena memiliki mesin yang lebih kompleks dibanding mobil bensin.

Apalagi mobil diesel keluaran baru mesinnya sudah menggunakan sistem common rail, exhaust gas recirculating (EGR), dan turbo charger.

Baca Juga: Irit dan Tangguh, 5 Mobil Diesel Lawas Ini Masih Banyak Peminat

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You