TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Risiko Menggunakan Spare Part Palsu, Bisa Kena Masalah!

Dampak ini berlaku untuk kendaraan mobil atau motor

Ilustrasi Spare Part Motor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Spare part atau suku cadang merupakan hal yang cukup dibutuhkan oleh banyak pengendara. Sayangnya permintaan yang tinggi tersebut justru mendatangkan banyak oknum yang memalsukannya di pasaran.

Padahal sebetulnya menggunakan spare part palsu hanya akan mendatangkan risikonya tersendiri. Jika sampai nekat, maka beberapa risiko berikut ini harus rela kamu hadapi.

1. Garansi bisa hangus

Ilustrasi sepeda motor (pixabay.com/viarami)

Risiko pertama yang mungkin akan kamu peroleh adalah hangusnya garansi. Hal ini bisa terjadi apabila kamu mengalami kerusakan pada spare part palsu yang kamu gunakan, namun masa garansi kendaraan masih ada.

Tentu saja pihak servis biasanya sudah tahu spare part mana yang asli dan palsu. Jika tak menggunakan yang asli, maka dapat menggugurkan garansi yang berlaku.

2. Menyebabkan masalah yang serius pada beberapa komponen

ilustrasi servis mobil (unsplash.com/@christianbuehner)

Ada banyak kali bagian spare part yang mungkin bisa dimodifikasi atau diganti. Namun, hal ini bisa menjadi masalah besar apabila kualitasnya ternyata rendah.

Salah satunya bisa menyebabkan masalah serius pada beberapa komponen mobil dan motor. Jika sampai begini, maka dapat menyebabkan kerusakan ke depannya.

Baca Juga: 5 Konsekuensi Gak Memakai Sabuk Pengaman di Mobil, Bahaya!

3. Kinerjanya tak maksimal

ilustrasi mengendarai mobil (unsplash.com/@whykei)

Beberapa bagian spare part yang mungkin kerap diganti adalah knalpot. Walau beberapa orang juga akan yang mengganti spare part remnya, sehingga benar-benar penuh dengan risiko.

Spare part yang palsu tak akan mampu bekerja dengan maksimal. Dampaknya bisa serius dan menyebabkan kecelakaan apabila tak memperhatikan hal ini.

4. Membutuhkan biaya servis yang lebih mahal jika sampai rusak

ilustrasi uang (pexels.com/@karolina-grabowska)

Hampir semua pengendara tentu berharap tak menghabiskan banyak biasa untuk servis. Namun, jika sampai mobil dan motor mengalami masalah yang serius, maka mau tak mau harus merogoh kocek lebih dalam untuk servis.

Hal inilah yang perlu kamu waspadai apabila sampai nekat menggunakan spare part palsu, sebab bisa saja membutuhkan biaya yang tak sedikit. Apalagi jika kerusakan serius, sehingga kemudian merogok kocek cukup dalam.

Baca Juga: 5 Akibat Ban Motor Kurang Angin, Bisa Fatal

Verified Writer

Deska Chalis

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya